Nuraeni, Wiwin (2019) Manajemen penguatan pendidikan karakter integritas: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (204kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (799kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) | Request a copy |
Abstract
Penguatan pendidikan karakter integritas merupakan bagian dari lima penguatan pendidikan karakter yang diusung oleh pemerintah diperkuat oleh peraturan presiden No.87 Tahun 2017 mengenai penguatan pendidikan karakter. Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tasikmalaya mempunyai cara tersendiri dalam melaksanakan penguatan pendidikan karakter integritas dengan memasukkan bimbingan konseling dalam jadwal pelajaran. Nilai karakter yang terdapat pada karakter integritas yaitu: 1) kejujuran; 2) tanggung jawab; 3) keteladanan; 4) kesantunan; 5) anti korupsi; 6) komitmen moral; 7) cinta pada kebenaran. Perencanaan dilakukan oleh perwakilan dari setiap stakeholder bertempat di madrasah membahas perencanaan kegiatan intrakurikuler (pembelajaran), kegiatan ko-kurikuler (pengayaan), kegiatan ekstrakurikuler dan bimbingan konseling. Pengorganisasian dirumuskan oleh kepala madrasah, komite madrasah, pendidik dan tenaga kependidikan untuk menentukan orang yang akan diberi amanat menjalankan kegiatan. Pelaksanaan dilakukan pada kegiatan intrakurikuler, ko-kurikuler, ekstrakurikuler dan bimbingan konseling. Mata pelajaran PKn menjadi leading sector pada pelaksanaan penguatan pendidikan karakter integritas. Pengawasan dilakukan oleh Kepala sekolah, wakamad bid.kesiswaan, guru pendidikan kewarganegaraan dan guru bimbingan konseling. 3) Faktor pendukung karakter integritas diantaranya: 1) Faktor internal ( Lingkungan madrasah, pendidik dan tenaga kependidikan); 2) Faktor eksternal (orangtua dan masyarakat). Faktor pengahambat karakter integritas yaitu: media sosial, orangtua, lingkungan pergaulan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Karakter; Integritas; Pendidikan kewarganegaraan; |
Subjects: | Education, Research of Language, Related Topics of Language General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Wiwin Nuraeni |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 04:25 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 04:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24752 |
Actions (login required)
View Item |