Saputri, Rosi Oktaviani (2019) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan habits of mind matematis mahasiswa melalui strategi self-explanation pada mata kuliah geometri analitik: Penelitian kuasi eksperimen terhadap mahasiswa semester IV di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (407kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (709kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bukti-bukti nyata yang terjadi di perguruan tinggi bahwa rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa yang berkaitan dengan geometri. Ilmu geometri di perguruan tinggi salah satunya geometri analitik. Salah satu alternatif untuk membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa adalah dengan menerapkan strategi self-explanation. Selain kemampuan pemecahan masalah matematis, kebiasaan berpikir (habits of mind) matematis mahasiswa juga dirasa perlu untuk ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pencapaian kemampuan pemecahan masalah dan habits of mind matematis mahasiswa yang menggunakan strategi self-explanation berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang, rendah). Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas dan data yang diperoleh berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala habits of mind matematis. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa yang menggunakan strategi self-explanation lebih baik dibanding pembelajaran konvensional. (b) Pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa yang menggunakan strategi self-explanation lebih baik dibanding pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang dan rendah). (c) Mahasiswa menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan strategi self-explanation berdasarkan karakteristik habits of mind matematis. Pembelajaran dengan menggunakan strategi self-explanation mengutamakan kebiasaan berpikir matematis dan menggunakan pengalaman sehingga mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-explanation; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Habits of Mind Matematis; |
Subjects: | Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rosi Oktaviani Saputri |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 07:38 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 07:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24785 |
Actions (login required)
View Item |