Melani, Riki (2019) Optimalisasi implementasi literasi digital pada pembelajaran PAI: Studi deskriptif di SMAN 1 Nagreg kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER TESIS.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (329kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu masih rendahnya kompetensi literasi digital sebagian siswa SMAN 1 Nagreg Kabupaten Bandung dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Indikatornya, sebagian siswa belum mengoptimalkan penggunaan dan pemanfaatan fasilitas media digital, baik secara offline maupun online (akses internet) sebagai tuntutan keterampilan pembelajaran Abad 21. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perencanaan literasi digital pada pembelajaran PAI di SMAN 1 Nagreg Kabupaten Bandung, 2) Pelaksanaan literasi digital pada pembelajaran PAI di SMAN 1 Nagreg Kabupaten Bandung, 3) Evaluasi literasi digital pada pembelajaran PAI di SMAN 1 Nagreg Kabupaten Bandung, dan 4) faktor pendukung dan penghambat implementasi literasi digital pada pembelajaran PAI di SMAN 1 Nagreg Kabupaten Bandung. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat, dalam tesis ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menggambarkan/menafsirkan suatu fenomena tertentu yang terjadi dalam situasi dan setting sosial (social setting) yang alamiah (natural setting). Sedangkan teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dari hasil penelitian terhimpun beberapa temuan yaitu: (1) Implementasi literasi digital pada pembelajaran PAI optimal dengan perencanaan Digital Competence; kompetensi information, kompetensi communication, kompetensi content-creation, kompetensi social emotional, dan kompetensi problem solving. (2) Implementasi literasi digital pada pembelajaran PAI optimal dengan integrasi kompetensi digital pada materi PAI; Qur’an Hadist, Akidah, Akhlak, Fikih dan SKI. (3) Implementasi literasi digital pada pembelajaran PAI dikategorikan optimal melalui wawancara guru PAI dan respon siswa sebesar 79,15% (optimal). 4) Keberhasilan Implementasi Literasi Digital tidak Faktor pendukung literasi digital pada pembelajaran PAI yaitu: visi sekolah yang literat, fasilitas internet, perpustakaan freewifi, lab komputer 2 ruang, mata pelajaran lintas minat TIK/ IT di tahun ajaran 2019/2020. Sedangkan faktor penghambatnya ialah motivasi siswa yang rendah, masih terbatasnya akses internet .
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Literasi Digital; Pembelajaran PAI; SMAN 1 Nagreg |
Subjects: | Knowledge > Theory of Knowledge Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Education, Research |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Riki Melani |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 06:40 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 07:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24930 |
Actions (login required)
View Item |