Listiana, Elsa (2019) Efektivitas retribusi parkir di tepi jalanumum tahun anggaran 2014-2018: Studi Kasus pada Dinas Perhubungan Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (654kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (813kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) | Request a copy |
Abstract
Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum merupakan salah satu dari retribusi daerah yang menjadi sumber pendapatan asli daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas retribusi parkir di tepi jalan umum pada Dinas Perhubungan Kabupaten Garut tahun 2014-2018, faktor-faktor penghambat dalam penerimaan retribusi parkir, serta upaya yang perlu dilakukan untuk menagani hambatan-hambatan dalam penerimaan retribusi parkir di tepi jalan umum pada Dinas Perhubungan Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif pendekatan kualitatif dengan srategi penelitian studi kasus. Penelitian menggunakan teori kriteria efektivitas retribusi daerah Menurut Wulandarie dan Iryanie (2017:34), bahwa untuk menilai tingkat keefektivitasan dari pemungutan retribusi daerah ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi yaitu: Kecukupan dan Elastisitas, Keadilan dan Kemampuan Administrasi. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan maka dapat disimpulakan bahwa retribusi parkir di Tepi Jalan Umum pada Dinas Perhubungan Kabupaten Garut belum sepenuhnya memenuhi kriteria dari efektifitas retribusi daerah, yaitu Elastisitas dan Kecukupan, keadilan dan Kemampuan Administrasi. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hambatan, diantaranya yaitu regulasi yang tidak sesuai dengan keadaan dilapangan, alih fungsi lahan parkir menjadi tempat PKL (Pedagang Kaki Lima), maraknya parkir liar dan petugas parkir ilegal, keterbatasan anggaran dan sarana prasana yang kurang memadai, banyak potensi parkir yang tidak bisa dipungut karena belum ada SK (Surat Keputusan Bupati) dan masih kurangnya kualitas pelayanan yang diberikan petugas dilapangan. Upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut diantaranya adalah dengan cara merevisi Peraturan Daerah, mengembalikan lagi fungsi lahan menjadi tempat parkir, penegakan hukum yang kuat, Pemerintah Daerah memberikan kecukupan anggaran serta fasilitas yang memadai, kemudian perlu ditambah lahan-lahan parkir baru untuk menambah potensi parkir yang bisa dipungut. Perlu juga dilakukan peningkatkan kualitas pelayanan dengan cara memberikan pembinaan dan pelatihan kepada para petugas parkir agar bisa bekerja lebih baik dan profesional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas; Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum |
Subjects: | Administration of Economy Accounting > Financial Reporting |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | elsa listiani |
Date Deposited: | 15 Oct 2019 06:12 |
Last Modified: | 15 Oct 2019 06:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25510 |
Actions (login required)
View Item |