Nurisyani, Azzalya (2019) Penerapan model pembelajaran argument driven inquiry untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (682kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (763kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (794kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang menjadi tuntutan kurikulum 2013 revisi 2017 yang harus dilatihkan kepada peserta didik. Salah satu alternatif untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis adalah dengan menggunakan model pembelajaran Argument Driven Inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Argument Driven Inquiry dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Argument Driven Inquiry pada materi usaha dan energi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain pre-experimental tipe one group pretest-posttest design. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 2 SMAN 1 Mande yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan antara lain lembar observasi, lembar kegiatan peserta didik, dan tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian yang diperoleh diantaranya adalah rata-rata persentase keterlaksanaan dari tiga pertemuan yaitu sebesar 86% dengan kategori sangat baik untuk aktivitas guru dan 81% dengan kategori sangat baik untuk aktivitas peserta didik. Hasil nilai N-gain dari tes keterampilan berpikir kritis diperoleh sebesar 0,74 yang termasuk kategori tinggi. Berdasarkan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa t_hitung lebih besar dibandingkan t_tabel yaitu t_hitung (32.58)>t_tabel (2,042), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) pada materi usaha dan energi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Argument Driven Inquiry (ADI);keterampilan berpikir kritis;usaha dan energi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Azzalya Nurisyani |
Date Deposited: | 29 Oct 2019 02:29 |
Last Modified: | 29 Oct 2019 02:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26220 |
Actions (login required)
View Item |