Maryam, Siti (2011) Tanggapan siswa terhadap penggunaan media puzzle dalam pembelajaran PAI pada pokok bahasan Iman kepada Allah hubungannya dengan prestasi belajar mereka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (114kB) | Preview |
|
Text (BAB I SD IV)
4_bab1sd4.pdf Restricted to Registered users only Download (925kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari adanya realitas di SMP Mekar Arum Cinunuk Kabupaten Bandung yang menggunakan puzzle sebagai media pendidikan dalam proses belajar mengajar. Dengan menggunakan media pendidkan dalam pembelajaran diharapkan tujuan dari pendidikan dapat tercapai. Sehingga Idealnya media pendidikan memiliki konstribusi yang baik dalam pencapaian prestasi belajar siswa. Akan tetapi walaupun media puzzle memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa, namun tetap saja masi ada siswa yang memiliki hasil belajar yang masi rendah. (a) Bagaimana prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI? (b) Bagaimana tanggapan siswa terhadap penggunaan media puzzle dalam pembelajaran PAI? (c) Bagaimana hubungan antara keduannya? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan media puzzle dalam pembelajaran PAI, realitas prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI dan realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan media puzzle dalam pembelajaran PAI dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini berdasarkan kepada pemikiran bahwa untuk memperoleh prestasi belajar yang baik sesuai dengan yang diharapkan tidak terlepas dari pengaruh media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dikelas. untuk mencapai tujuan tersebut di SMP Mekar Arum Cinunuk Kabupaten Bandung dibuatlah media puzzle sebagai media pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut. hal ini dapat dicapai apabila tanggapan siswa positif terhadap penggunaan media puzzle dalam pembelajaran PAI tersebut. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan adalah semakin positif tanggapan siswa terhadap penggunaan media puzzle dalam pembelajaran PAI, maka semakin tinggi pulaprestasi belajar mereka. Untuk membuktikan hipotesis di atas, diadakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif yaitu mengamati permasalahan mengenai fakta-fakta secara akurat terhadap 32 orang siswa Kelas VII SMP Mekar Arum Cinunuk Kabupaten Bandung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh hasil sebagai berikut: pertama, tanggapan siswa terhadap penggunaan media puzzle berkategori tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebesar 4,04 berada pada interval 3,5–4,5. kedua, prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI termasuk kategori tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil ujian sebesar 74,43 berada pada interval 70–79. ketiga, hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan media puzzle dalam pembelajaran PAI dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI adalah sebagai berikut : (a) Antara kedua variabel terdapat korelasi rendah dengan skor 0,34 yang berada pada interval 0,20–0,40. (b) Hipotesis statistiknya : terdapat hubungan signifikan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan media puzzle dengan prestasi belajar mereka pada pelajaran PAI. Hal ini berdasarkan t hitung (1,98) > t tabel (1,70). (c) Tanggapan siswa terhadap penggunaan media puzzle sebesar 11,56% terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Dengan demikian berarti masih ada faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa pada pelajaran PAI yaitu sebesar 88,44%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PAI; Siswa; Tanggapan; |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 12 Jan 2017 07:02 |
Last Modified: | 01 Feb 2019 05:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/2625 |
Actions (login required)
View Item |