Rismayanti Adriyani, Rismayanti (1211205062) (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Facilitator And Explaining terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP (Penelitian Quasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII Semester II SMPN 2 Cikampek Kabupaten Karawang). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (514kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 2 Cikampek. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah: (a) Gambaran aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif biasa dan model pembelajaran kooperatif student facilitator and explaining pada pokok bahasan kubus dan balok. (b) Perbedaan kemampuan representasi matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif biasa, model pembelajaran kooperatif student facilitator and explaining dan model konvensional pada pokok bahasan kubus dan balok. (c) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif biasa dan model pembelajaran kooperatif student facilitator and explaining. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen berbentuk Nonequivalent (Pretest dan Posttest) Control Group Design. Data diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan instrumen nontes. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh: (a) Gambaran aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan menjadi semakin baik di setiap pertemuannya. (b) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif biasa, model pembelajaran kooperatif student facilitator and explaining dan model pembelajaran konvensional. (c) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif biasa dan model pembelajaran kooperatif student facilitator and explaining secara umum respon siswa positif. Kata Kunci: ANOVA satu jalur, Kooperatif, Representasi Matematis, Student Facilitator And Explaining.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ANOVA satu jalur, Kooperatif, Representasi Matematis, Student Facilitator And Explaining |
Subjects: | Cooperative Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Elementary Education > Mathematics for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | miss yuni da'wah |
Date Deposited: | 25 Jan 2017 04:14 |
Last Modified: | 31 Jan 2017 08:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/2762 |
Actions (login required)
View Item |