Qomariah, Rosyadatul (2016) Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstoring terhadap Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa : penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa Kelas VIII SMPN 1 Sukatani. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (641kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5-BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (889kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (22kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di SMPN 1 Sukatani. Salah satu cara untuk membantu meningkatkan kemampuan komunikasi adalah dengan menerapkan metode pembelajaran braintorming. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan metode pembelajaran brainstorming dengan model pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Data yang diperoleh menggunakan instrumen tes dan nontes. Berdasarkan hasil pengolahan data tes diperoleh: (a) Secara umum aktivitas guru dan siswa termasuk pada kategori baik. (b) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan metode brainstorming dengan model konvensional secara keseluruhan dan terdapat interaksi antara kategori nilai PAM siswa dengan pembelajaran dalam peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. (c) Tidak terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan metode brainstorming dengan model konvensional. (d) Sikap kemandirian belajar siswa menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran brainstorming.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi matematis; Kemandirian; Eksperimen; |
Subjects: | Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 03:38 |
Last Modified: | 28 Nov 2019 03:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27932 |
Actions (login required)
View Item |