mufidah, elis maratun (2019) Penerapan model pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) berbantu kartu masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi ekosistem. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (435kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (843kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan kompetensi yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran, sehingga siswa harus dilatih menggunakan berbagai cara salah satunya yaitu diterapkan model pembelajaran search solve create and share (SSCS) berbantu kartu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model search solve create and share (SSCS) berbantu kartu masalah, menganalisis keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa pada kelas eksperimen, dan menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimen dan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik sampling jenuh pada kelas X MIA MAN 4 Ciamis. Berdasarkan analisis persentase validitas RPP diperoleh 75% dan LKPD diperoleh 84% dengan kategori layak untuk digunakan. Hasil persentase keterlaksanaan aktivitas guru diperoleh 95% terlaksana dengan kategori sangat baik dan keterlaksanaan aktivitas siswa diperoleh 82% terlaksana dengan kategori baik. Hasil analisis n-gain keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh n-gain dengan kategori rendah, karena G < 0,3. Adapun hasil analisis hipotesis pada kelas eksperimen diperoleh nilai t hitung > t tabel, maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan dengan kategori rendah pada keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model pembelajaran search solave create and share (SSCS) berbantu kartu masalah pada materi ekosistem.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model search solave create and share (SSCS); kartu masalah; keterampilan berpikir kritis; ekosistem; |
Subjects: | Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | elis Mufidah |
Date Deposited: | 10 Dec 2019 07:14 |
Last Modified: | 10 Dec 2019 07:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28153 |
Actions (login required)
View Item |