Ristianti, Ira (2018) Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Course Review Horay hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam: Penelitian pada siswa di SMP Miftahul Huda Al Musri Pangandaran. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (312kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada seluruh siswa di sekolah SMP Miftahul Huda Al Musri Pangandaran, bahwa guru telah menerapkan model pembelajaran course review horay pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan baik, tetapi kenyataanya masih ada siswa yang kurang termotivasi dalam belajar, acuh pada saat pembelajaran. Padahal secara teoritis ketika guru mempersiapkan model pembelajaran dengan baik, maka motivasi belajar siswa harusnya baik. Dengan adanya fenomena tersebut, peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana tanggapan siswa terhadap model pembelajaran course review horay hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) realitas tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran course review horay pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 2) realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 3) realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran course review horay dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Miftahul Huda Al Musri Pangandaran. Berdasarkan pemikiran bahwa motivasi belajar siswa berhubungan dengan tanggapan siswa terhadap model pembelajaran course review horay pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Maka hipotesis yang diajukan adalah semakin positif tanggapan siswa terhadap model pembelajaran course review horay, maka akan semakin tinggi pula motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisis korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik penyebaran angket, observasi, wawancara. Sampel dalam penelitianini sebanyak 50 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan, realitas tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran course review horay adalah diterima, terbukti dari nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 3,95, angka tersebut kategori tinggi, berada pada interval 3,40 – 4,19. Realitas motivasi belajar siswa, diperoleh nilai rata-rata sebesar: 3.72 berada diinterval 3,40 – 4,19 menerima. Realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran course review horay dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,15. Nilai ini jika diterapkan pada skala penilaian terletak pada interval 0,00 – 0,20 yang menyatakan ada korelasi. Diperkuat dengan perhitungan uji signifikan korelasi thitung = 1.05 sedangkan ttabel = 2,04 melihat tersebut, maka thitung < ttabel yaitu 1.05 < ttabel = 2,04. disebabkan karena antara kedua variabel mempunyai hubungan yang kurang signifikan. Ha diterima dan Ho ditolak. Terdapat hubungan namun kurang signifikan antara tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran course review horay (variabel X) dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (variabel Y). Kadar hubungan antara variabel X dengan variabel Y sebesar 2% dengan kata lain masih ada 98% faktor lain yang memengaruhi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggapan Siswa; Model Pembelajaran; Course Review Horay;Motivasi Belajar; Pendidikan Agama Islam; |
Subjects: | Education, Research Education and Research of Literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ira ristianti |
Date Deposited: | 18 Dec 2019 06:07 |
Last Modified: | 18 Dec 2019 06:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28286 |
Actions (login required)
View Item |