Ridwan, Indrianto (2019) Manajemen supervisi akademik dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Al Misbah Cibiru Cipadung Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunana Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (301kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
Abstract
Supervisi merupakan dua hal penting dalam menstimulir, mengkoordinir dan membimbing secara kontinyu, kualitas guru-guru di sekolah baik secara individual maupun secara kolektif, agar lebih mengerti dan lebih efektif dalam mewujudkan seluruh fungsi pengajaran dengan demikian mereka dapat menstmulir dan membimbing pertumbuan tiap-tiap murid secara kontinyu, supaya pelaksanaan supervisi berjalan dengan baik MI Al Misbah Cipadung Cibiru Kota Bandung berusaha semaksimal mungkin untuk menggunakan manajamen supervisi akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen supervisi akademik di MI Al Misbah Cipadung Cibiru Kota Bandung, faktor penunjang dan penghambat, serta hasil yang dicapai oleh manajemen supervisi MI Al Misbah Cipadung Cibiru Kota Bandung. Dilihat dari fungsinya manajemn supervisi akademik sangat penting sekali karena dapat membantu tenaga pendidik dalam melakukan proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya manajemen supervisi akademik terdiri dari; 1) teknik supervisi akademik yang dilakukan, 2) peran yang dilakukan oleh supervisior, 3) model supervsi akademik yang dilakukan, 4) model supervisi yang dilakukan, 5) prinsip supervisi akademik yag digunakan, 6) karakteristik supervisi akademik yang digunakan, 7) waktu kegiatan, 8) evaluasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut kemudian diolah dengan cara unitisasi data, kategorisasi data, penafsiran yang dilanjutkan dengan uji absah data. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa manajemen supervisi akademik di MI Al Misbah Cipadung Cibiru Kota Bandung dalam segi manajerial nya masih belum terlaksana secara terstruktur dan terarah. Banyak yang ditingkatkan semaksimal mungkin dalam perencanaan, pelaksanaan, sampai kepada evaluasinya. Adapun yang menjadi faktor penunjang keberhasilan pelaksanaan supervisi akademik di MI Al Misbah Cipadung Cibiru Kota Bandung adalah para tenaga pendidik selalu berpatisipasi untuk di supervisi oleh kepala sekolah dan kegiatan supervisi akademik yang dapat memotivasi. Adapun yang menjadi faktor penghambat adalah kegiatan supervisi yang belum terencana, pelaksanaan supervisi yang belum terprogramkan secara terstruktur dan sistematis. Keberhasilan yang dicapai adalah adanya perubahan dari metode pembelajaran, peserta didik memiki prestasi dalam hasil belajar, perkembangan pengetahuan yang dimiliki oleh tenaga pendidik dalam keprofesian nya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Supervisi akademi; Mutu Pembelajaran; |
Subjects: | Education General Management > Top Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Indrianto Ridwan |
Date Deposited: | 08 Jan 2020 07:14 |
Last Modified: | 08 Jan 2020 07:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28637 |
Actions (login required)
View Item |