Iklima, Sayidah (2017) Hubungan kebersyukuran dengan kebahagiaan pada guru Sekolah Luar Biasa Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (217kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada guru sekolah luar biasa (SLB) kota Bandung. Beberapa literatur menyebutkan bahwa menjadi guru bagi anak berkebutuhan khusus tidaklah mudah. Butuh tenaga serta kesabaran yang lebih besar daripada guru sekolah biasa. Banyak hambatan dan kesulitan yang dirasakan oleh guru SLB. Namun, peneliti menemukan fenomena di beberapa sekolah, para guru mengaku merasa senang dan enjoy dengan mengajar anak berkebutuhan khusus. Ada banyak hal positif yang dirasakan para guru dari mengajar di SLB. Salah satunya adalah perasaan bahagia. Perasaan tersebut diakui muncul karena mereka merasa bersyukur dapat berbagi dan mengajar anak-anak berkebutuhan khusus tersebut. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebersyukuran dengan kebahagiaan pada guru Sekolah Luar Biasa (SLB). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasional. Penelitian ini dilakukan di beberapa sekolah di kota Bandung, dengan jumlah sampel sebesar 175 orang guru dari jumlah populasi sebesar 328 orang. 175 orang guru tersebut tersebar di 6 wilayah kota Bandung. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuisioner dengan skala kebersyukuran yang diadaptasi dari skala Gratitude Resentment and Appreciation Test (GRAT) dan skala kebahagiaan yang diadaptasi dari skala Oxford Happiness Questionnaire (OHQ). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil analisis deskriptif berdasarkan kategori pada variabel kebersyukuran, hasil menunjukkan bahwa sebagian besar guru berada pada kategori sedang dengan persentasi sebesar 65.714%. Selanjutnya pada variabel kebahagiaan, sebagian besar guru berada pada kategori sedang pula dengan persentasi sebesar 65.14%. Selanjutnya dalam hasil penelitian hipotesis, diperoleh r sebesar .067 (p= .381 > .05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang positif signifikan antara kebersyukuran dengan kebahagiaan pada guru SLB kota Bandung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru; Sekolah luar biasa; kebersyukuran; kebahagiaan |
Subjects: | Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Ilham Nurfauzi |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 02:01 |
Last Modified: | 27 Jan 2020 02:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29031 |
Actions (login required)
View Item |