Vina Fatonah, Vina (1210208101) (2014) Penerapan Model Pembelajaran 7E (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend) untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Konseptual dan Prosedural Siswa Pada Materi Koloid (Penelitian Kelas XI IPA SMAN 13 GARUT). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (234kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (923kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Download (304kB) | Preview |
Abstract
Masalah yang sering muncul dalam pembelajaran dan harus dibenahi adalah ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan masalah kemampuan konseptual dan prosedural pada materi koloid berdasarkan pengetahuan dan konsep yang diperoleh sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai pengembangan kemampuan pengetahuan konseptual dan pengetahuan prosedural siswa yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran koloid berbasis learning cycle 7E dengan metode penelitian kelas, dengan mengobservasi aktivitas atau keaktifan siswa dalam pembelajaran dan kemampuan menyelesaikan LKS. Subyek penelitian sebanyak 32 siswa dari SMAN 13. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah tes tertulis pilihan ganda yang berisi kemampuan konseptual dan uraian berisi kemampuan prosedural, lembar observasi aktivitas siswa dan guru, dan lembar kerja siswa (LKS). Data yang diperoleh diolah dengan statistik deskriptif. Proses pembelajaran 7E melalui 7 tahap, yaitu ; tahap elicit (77), engagement (75), exploration (81), explain (80), elaborate (72), evaluate (87) dan extend (75). Hasil penelitian menunjukan kemampuan konseptual mendapat nilai rata-rata (78,25) dengan kategori baik yang sudah mencapai KKM, sementara itu keampuan prosedural mendapat nilai rata-rata (83) dengan kategori sangat baik. Penggunaan model pembelajaran 7E ini dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa terhadap materi yang dipelajari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran model 7E Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend), kemampuan konseptual, kemampuan prosedural , koloid. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Secondary Education > Upper Level Secondary School Chemistry and Allied Science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 234 not found. |
Date Deposited: | 16 Feb 2017 02:21 |
Last Modified: | 17 Mar 2017 09:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/2920 |
Actions (login required)
View Item |