Kartina, Dini Siti (2019) Penerapan pendekatan Inquiry Lab terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem pencernaan manusia: Penelitian Pre-eksperimen pada Kelas VIII SMPN 1 Cimanggung Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
dinis bab 1.pdf Download (377kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
dinis bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (690kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
dinis bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
dinis bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
dinis bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
dinis dapus.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) | Request a copy |
Abstract
Hasil studi pendahuluan di SMPN 1 Cimanggung diperoleh bahwa pembelajaran yang digunakan belum memenuhi KKM yaitu 75, salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu menggunakan strategi pembelajaran Inquiry Lab yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi sistem pencernaan. Metode penelitian ini yaitu Pre-eksperimen, penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2018/2019 dari Agustus hingga September 2019, sampel yang digunakan dua kelas yaitu kelas VIII G dan H yang berjumlah 60 siswa, sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, dan tes keterampilan proses sains dengan menggunakan lima indikator yaitu mengamati, mengelompokan, berhipotesis, menggunakan alat dan bahan, melakukan eksperimen. Penelitian ini diperoleh hasil keterlaksanaan pembelajaran penggunaan metode Inquiry Lab terlaksana dengan sangat baik, keterampilan Proses Sains kelas eksperimen meningkat dengan N-Gain 0,77, hasil uji-t menunjukkan bahwa metode Inquiry Lab berpengaruh positif terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem pencernaan. Terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan model Inquiry Lab dengan t hitung 5,64 dan t tabel 2,01, hasil peningkatan dipengaruhi oleh kemampuan dasar siswa, kondisi siswa, faktor eksternal maupun faktor internal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model inquiry lab layak dan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi sistem pencernaan kelas VIII.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | inquiry lab; keterampilan proses sains; sistem pencernaan |
Subjects: | Education Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Dini Siti Kartini |
Date Deposited: | 07 Feb 2020 06:37 |
Last Modified: | 07 Feb 2020 06:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29320 |
Actions (login required)
View Item |