Azizatunnisa, Nurul (2020) Pengembangan majalah sains berbasis multirepresentasi untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi getaran harmonik: Penelitian pengembangan di kelas X MIA SMA Negeri 1 Pangandaran. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (226kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui majalah sains berbasis multirepresentasi yang layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik pada materi getaran harmonik, 2) mengetahui peningkatan penguasaan konsep peserta didik setelah menggunakan majalah sains berbasis multirepresentasi pada materi getaran harmonik, dan 3) mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan majalah sains berbasis multirepresentasi pada materi getaran harmonik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa 1) majalah sains berbasis multirepresentasi layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi getaran harmonik dengan nilai validitas rata-rata sebesar 81,8 dan berada dalam kategori baik, 2) penggunaan majalah sains berbasis multirepresentasi pada materi getaran harmonik dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik secara signifikan dengan nilai n-gain rata-rata sebesar 0,48 dan berada dalam kategori sedang, dan 3) peserta didik memberikan respon positif terhadap pengembangan majalah sains berbasis multirepresentasi pada materi getaran harmonik dengan nilai rata-rata persentase respon sebesar 92,04%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa majalah sains berbasis multirepresentasi layak digunakan sebagai media pembelajaran dan mampu meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi getaran harmonik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | majalah; sains; multirepresentasi; peserta didik; getaran harmonik; |
Subjects: | Education, Research Modern Physics > Structure of Matter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nurul Aziza tunnisa |
Date Deposited: | 11 Feb 2020 06:55 |
Last Modified: | 11 Feb 2020 06:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29406 |
Actions (login required)
View Item |