Apriliyanti, Enny (2017) Penerapan model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar siswa pada materi animalia: Penelitian pada siswa kelas X SMAN 1 Karang Bahagia Kab. Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text (DAFATR PUSTAKA)
3_daftar Isi.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (430kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (715kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang kurang perduli dan pasif dalam mengikuti pembelajaran. Sampai sekarang masih banyak siswa yang kurang termotivasi untuk belajar sehingga mempengaruhi hasil belajarnya. Hal ini terjadi dikarenakan metode yang di gunakan guru dalam mengajar kurang mendorong siswa untuk belajar, maka dari itu di butuhkan model pembelajaran yang dapat memacu minat siswa, salah satunya model pembelajaran belajar sambil bermain. Salah satu model pembelajaran belajar sambil bermain adalah model pembelajaran scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran scramble, mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan model pembelajaran scramble, serta menganalisis hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran scramble pada materi animalia submateri mammalia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperiment dengan desain one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X MIPA 4 dan 5 SMAN 1 Karang Bahagia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan studi dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan model pembelajaran scramble mulai dari tahap perencanaan yaitu hasil validasi LKS (85,33 %) dan RPP (84,66%) dengan kriteria layak. Pelaksanaan pembelajaran dikelas X MIPA 4 dengan aktivitas guru (93,23%) dan aktivitas siswa (87,08%) dengan kriteria sangat baik, pelaksanaan pembelajaran dikelas X MIPA 5 dengan aktivitas guru (95,80%) dan aktivitas siswa (92,05%) dengan kriteria sangat baik terlaksana dengan baik. Penilaian hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran scramble memperoleh persentase ketuntasan KKM ≥ 50% dan kriteria penguasaan materi cukup baik. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan pada kelas X MIPA 4 menunjukkan nilai thitung (9,01) > ttabel (2,04) dan pada kelas X MIPA 5 nilai thitung (11,24) > ttabel (2,04), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran scramble berkontribusi positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi animalia submateri mammalia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar siswa; model pembelajaran scramble; animalia; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rizal Mohamad Sihabudin |
Date Deposited: | 13 Feb 2020 02:08 |
Last Modified: | 13 Feb 2020 02:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29481 |
Actions (login required)
View Item |