Nurlaela, Siti (2019) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekologi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover[1].pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi[1].pdf Download (203kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2[1].pdf Restricted to Registered users only Download (924kB) | Request a copy |
||
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak[1].pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1[1].pdf Download (439kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
6_bab3[1].pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4[1].pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5[1].pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR ISI)
9_daftarpustaka[1].pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
Abstract
Model pembelajaran berbasis masalah belum banyak digunakan dalam kegiatan pembelajaran terutama pada materi ekologi. Hal ini dapat menyebabkan kurang terlatihnya kemampuan berpikir kritis pada siswa. Penggunaan model PBI dalam pembelajaran dapat membantu mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran PBI, menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekologi dengan menggunakan model PBI dan yang tidak menggunakan model PBI, serta mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model PBI. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan pada kelas X MIPA di SMAN 2 Cimalaka Sumedang. Teknik pengambilan sampel adalah teknik random sampling sehingga diperoleh dua kelas yang digunakan dalam penelitian, yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas yang menggunakan model dan X MIPA 3 sebagai kelas tanpa menggunakan model PBI. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, tes uraian kemampuan berpikir kritis (pretest dan posttest), dan angket. Hasil penelitian menujukan kelas yang menggunakan model PBI memiliki rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 90,7% dengan kategori sangat baik, rata-rata keterlaksanaan aktivitas siswa sebesar 87,6% dengan kategori baik. Kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBI memperoleh nilai n-gain sebesar 0,70 dengan kategori tinggi, sedangkan yang tidak menggunakan model PBI sebesar 0,46 dengan kategori sedang. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model PBI pada materi ekologi pada kategori sedang dengan presentase 74,17%. Hasil uji hipotesis menujukkan adanya pengaruh positif penggunaan model PBI terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi ekologi dengan taraf signifikan 5% dengan nilai thitung (5,542) > ttabel (2,003).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran; Problem Based Instruction (PBI); kemampuan berpikir; kritis; siswa; ekologi; |
Subjects: | Ecology Ecology > Food Chains Ecology > Population Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | siti nurlaela sukardi |
Date Deposited: | 13 Feb 2020 06:37 |
Last Modified: | 13 Feb 2020 06:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29486 |
Actions (login required)
View Item |