Pilani, Nia (2019) Peningkatan kemampuan metakognitif siswa melalui model Metacognitive Learning Cycle 5E pada materi sel: Penelitian quasi eksperiment pada siswa kelas XI SMAN 2 Cibitung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (294kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) | Request a copy |
Abstract
Model Metacognitive Learning Cycle 5E merupakan model yang menekankan siswa untuk aktif dalam setiap tahapan pembelajaran dan selalu dipantau metakognitifnya. Setiap siswa memiliki kemampuan metakognitif yang berbeda-beda. Penelitian bertujuan mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran dan menganalisis kemampuan metakognitif siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental. Sampel yang digunakan, yaitu XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dan XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan proses pembelajaran dengan Metacognitive Learning Cycle 5E nilai rata-rata aktivitas guru dan siswa sebesar 92.50%. Kemampuan metakognitif siswa pada kelas kontrol 77.38 (berkembang baik) dan indikator keterampilan memonitoring paling tinggi 78.83. Kemampuan metakognitif siswa pada kelas eksperimen 78.99 (berkembang baik), dan indikator pengetahuan deklaratif paling tinggi 80.77. Peningkatan kemampuan metakognitif siswa dengan kelas eksperimen N-Gain 0,31 (sedang). Hasil angket akhir menunjukan thitung=1.12< ttabel=2.45, sehingga H0 diterima dan H1 ditolak. Penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan metakognitif siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan metakognitif; metacognitive learning cycle 5E; sel; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nia Pilani |
Date Deposited: | 26 Feb 2020 03:47 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 03:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29778 |
Actions (login required)
View Item |