Sulaeman, Dadan (2020) Pengaruh pembelajaran Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dan self directed learning. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (494kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan komunikasi matematis siswa yang perlunya ditingkatkan serta didukung dari hasil studi pendahuluan di salah satu SMA di Kab. Garut. Tujuan dari penelitian ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk mengetahui perbedaan pengaruh peningkatan pembelajaran PQ4R, serta untuk mengetahui perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan pembelajaran PQ4R berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang, rendah) siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dan data yang diperoleh menggunakan instrumen tes dan nontes. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) Proses pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran PQ4R berdasarkan hasil pengamatan observer pada saat pembelajaran berlangsung didapatkan hasil bahwa rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa.Sehingga dengan melibatkan proses interaksi, pencarian informasi, dan mampu mengingatkan kembali materi yang sebelumnya dipelajari sehingga berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. (b) Tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang menggunakan pembelajaran PQ4R dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PQ4R dapat berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan rata-rata N-gain tes. (c) Tidak terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa antara pembelajaran PQ4R dan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang, dan rendah) siswa. Sehingga pembelajaran PQ4R dapat berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa (d) Sikap siswa terhadap pembelajaran PQ4R dengan angket Self directed Learning memberikan respon yang positif. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase sikap siswa yang memperoleh persentase positif lebih besar dari persentase negatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PQ4R; Kemampuan Komunikasi Matematis; Self Directed Learning |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dadan Sulaeman |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 06:14 |
Last Modified: | 13 Mar 2020 02:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30248 |
Actions (login required)
View Item |