Malik, Adam and Dirgantara, Yudi and Mulhayatiah, Diah and Agustina, Rena Denya (2020) Analisis hakikat, peran, dan implikasi kegiatan laboratorium terhadap keterampilan abad 21. In: KTI masa WFH LP2M, Bandung. (Submitted)
|
Text (Full Text)
Paper KTI 2020_Kelompok 13 (Adam, Yudi, Diah, Rena)_Prodi Pendidikan Fisika_FTK.pdf Download (239kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan labororium menjadi karakteristik utama dalam pembelajaran fisika. Tujuan penulisan paper ini membahas hakikat kegiatan laboratorium; jenis kegiatan laboratorium; nilai dan kompetensi kegiatan laboratorium; peran, peluang dan tantangan kegiatan laboratorium dalam pembelajaran abad 21; hasil, dampak dan implikasi penelitian terkait kegiatan laboratorium terhadap peningkatan keterampilan abad 21 dan pembelajaran sains. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan sebagai metode dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan laboratorium baik real maupun virtual menjadi kunci dalam peningkatan kualitas pembelajaran fisika. Kegiatan laboratorium real dan virtual memiliki kelebihan dan keterbatasan. Kedua jenis kegiatan laboratorium dapat melatihkan dan mengembangkan keterampilan mind on dan hand on. Hasil penelitian sangat merekomendasikan kegiatan laboratorium dalam pembelajaran sains untuk membekalkan keterampilan abad 21. Oleh karena itu, guru dan siswa harus bekerjasama dan berkolaborasi dalam melaksanakan kegiatan laboratorium.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan Laboratorium; Real; Virtual; Keterampilan Abad 21 |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Dr Adam Malik |
Date Deposited: | 04 May 2020 23:11 |
Last Modified: | 04 May 2020 23:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30794 |
Actions (login required)
View Item |