Maulidah, Elis (2020) Model pembelajaran Spontaneous Group Discussion (SGD) berbasis Kahoot untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen pada materi trigonometri di kelas X SMA Karya Budi Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (559kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
Abstract
Di era modern ini perkembangan alat teknologi semakin pesat dan canggih, namun kemampuan berpikir kritis matematis siswa tidak sejalan dengan pesatnya kecanggihan alat teknologi karena masih rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan berpikir kritis matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) gambaran pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran Spontaneous Group Discussion berbasis Kahoot; (b) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah memperoleh pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Spontaneous Group Discussion berbasis Kahoot lebih baik daripada pembelajaran konvensional; (c) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran Spontaneous Group Discussion berbasis Kahoot. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Karya Budi Bandung kelas X IPA 1 dan X IPA 2 menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control group Design. Hasil penelitian ini adalah: (a) gambaran proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Spontaneous Group Discussion (SGD) berbasis kahoot berdasarkan dari aktivitas guru dan aktivitas siswa, pada setiap pertemuannya mengalami peningkatan; (b) penigkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah memperoleh pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Spontaneous Group Discussion (SGD) berbasis kahoot dengan rata-rata N-Gain 0,76 (interpretasi tinggi dari rentang 0,70 ≤g≤1,00) lebih baik daripada pembelajaran konvensional dengan rata-rata N-Gain 0,56 (interpretsi sedang dari rentang 0,30 ≤g<0,70); (c) sikap siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Spontaneous Group Discussion (SGD) berbasis kahoot pada proses pembelajaran matematika menunjukkan sikap positif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis Matematis; Kahoot; Spontaneous Group Discussion. |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Elis Maulidah |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 02:11 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 02:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31840 |
Actions (login required)
View Item |