Ningsih, Ayu Kartika (2020) Penerapan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbasis Etnomatematika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa : Penelitian kuasi eksperimen. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (913kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (988kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (875kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di salah satu SMP Negeri di kabupaten Bandung. Salah satu alternatif untuk membantu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran POGIL berbasis etnomatematika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran POGIL berbasis etnomatematika berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang, rendah) siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas dan data yang diperoleh menggunakan instrumen tes berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan non tes berupa angket skala sikap. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran POGIL berbasis etnomatematika dengan model konvensional. (b) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran POGIL berbasis etnomatematika dengan model konvensional berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang dan rendah). (c) Siswa menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran POGIL berbasis etnomatematika. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran POGIL berbasis etnomatematika mengutamakan kebermaknaan belajar dan menggunakan pengalaman dan pengetahuan awal siswa sehingga mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | POGIL Berbasis Etnomatematika; Kemampuan Komunikasi Matematis. |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ayu Kartika Ningsih |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 05:51 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 05:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31854 |
Actions (login required)
View Item |