Strategi bimbingan dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui alat permainan edukatif: Studi deskriptif di Taman Kanak-kanak Bunda Asuh Nanda Ujungberung Indah No. 26 Kota Bandung

Fitrila, Wina (2017) Strategi bimbingan dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui alat permainan edukatif: Studi deskriptif di Taman Kanak-kanak Bunda Asuh Nanda Ujungberung Indah No. 26 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Kreativitas anak saat ini cenderung kurang tumbuh dan berkembang. Hal itu terjadi karena kurangnya penanaman nilai-nilai psikomotorik untuk anak, baik dipendidikan formal maupun non formal. Sekolah merupakan salah satu tempat untuk anak bisa belajar tentang kreativitas. Namun pada kenyataannya banyak sekolah yang lebih mengutamakan penanaman nilai kognitif dari pada nilai psikomotorik. Sejak usia dini kreativitas anak harus sudah mulai dibentuk dan dikembangkan untuk mempersiapkan diri menghadapi kemajuan jaman dari berbagai bidang. Dalam upaya mengembangkan kreativitas anak usia dini memerlukan lembaga yang mendukung untuk perkembangan kreativitas. Bimbingan adalah proses memberikan bantuan kepada anak supaya bisa mengenal dirinya sendiri, dan bisa mengembangkan kemampuan kreativitas yang anak miliki. Banyak cara untuk mengembangkan kreativitas anak. Salah satu cara untuk mengembangkan kreativitas anak yaitu melalui alat permainan edukatif. Berkaitan dengan hal tersebut, diketahui bahwa TK Bunda Asuh Nanda merupakan sebuah lembaga yang mendidik anak usia dini untuk mampu berkembang dengan baik terkhusus berkembang dalam kreativitas dengan upaya memberikan bimbingan melalui alat permainan edukatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif karena tujuan pokok penelitian ini adalah memberikan gambaran dan penjelasan tentang program bimbingan bimbingan untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui alat permainan edukatif, mengetahui metode bimbingan yang digunakan untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui alat permainan edukatif, mengetahui langkah-langkah bimbingan yang digunakan untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui alat permainan edukatif dan mengetahui hasil dari bimbingan untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui alat permainan edukatif. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi bimbingan dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui alat permainan edukatif di TK Bunda Asuh Nanda adalah sebagai berikut: (1) Program bimbingan mengikuti program Depdiknas yang dipadupadankan dengan program sekolah (2) Metode yang digunakan adalah metode sentra yang terbagi menjadi 6, yaitu sentra persiapan, sentra balok, sentra bahan alam dan sifat air, sentra ibadah dan imtaq, sentra main peran, dan sentra seni budaya. (3) Langkah-langkahnya adalah persiapan, pelaksanaan, penyambutan anak, masa transisi, main pembukaan kegiatan awal bermain, makan bekal bersama, dan kegiatan akhir bermain. (4) Hasil yang didapat dari bimbingan dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui alat permainan edukatif adalah adanya perubahan dan perkembangan pada kreativitas anak yang dapat dilihat dari buku laporan perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: konseling; kreativitas anak; anak usia dini; permainan edukatif
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Elementary Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 20 Jul 2020 03:54
Last Modified: 20 Jul 2020 03:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32004

Actions (login required)

View Item View Item