Matna, Neng (2017) Analisis ppenerimaan retribusi parkir di Dinas Perhubungan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (916kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (974kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (897kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (913kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (908kB) |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (880kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (879kB) |
Abstract
Retribusi parkir merupakan salah satu dari retribusi daerah. Seiring dengan meningkatnya aktivitas masyarakat yang terjadi di Kota Bandung mengakibatkan peningkatan pengunaan jumlah kendaraan. Hal ini secara otomatis akan meningkatkan jumlah kendaraan yang menggunakan area parkir dan peningkatan terhadap penerimaan retribusi parkir, akan tetapi penerimaan retribusi parkir di Dinas Perhubungan Kota Bandung dalam implementasinya menunjukan bahwa setiap tahunnya belum mampu mencapai target yang telah ditentukan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui analisis penerimaan retribusi parkir di Dinas Perhubungan Kota Bandung, faktor-faktor penghambat dalam penerimaan retribusi parkir sehingga tidak mencapai target yang telah ditetapkan, serta upaya yang dilakukan untuk menangani hambatan-hambatan dalam penerimaan retribusi parkir di Dinas Perhubungan Kota Bandung. Penelitian menggunakan teori penerimaan retribusi Orpha Jane (2002) untuk meningkatkan penerimaan retribusi parkir dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut: 1) Memperluas basis penerimaan, 2) Memperkuat proses pemungutan, 3) Meningkatkan pengawasan, 4) Meningkatkan efesiensi administrasi, dan 5) Meningktakan kapasitas penerimaan melalui perencanaan yang baik. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu mengungkapkan gambaran masalah secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang terjadi pada saat penelitian ini berlangsung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan studi lapangan dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dari Miles dan Huberman dimana alurnya yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data mengenai penerimaan retribusi parkir di Kota Bandung, menunjukkan bahwa terjadinya penurunan dalam penerimaan retribusi parkir disebabkan oleh faktor keterbasan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tersedia dalam hal pengawasan, faktor rendahnya tingkat kepatuhan dan kesadaran pengguna jasa retribusi parkir dalam membayar tarif parkir, adanya sterilisasi jalan di beberapa titik lokasi parkir, dan Gangguan alam. Untuk menangani faktor-faktor penyebab menurunnya penerimaan retribusi parkir, maka dilakukan upaya-upaya seperti Penambahan Sumber Daya Manusia (SDM) agar pengawasan lebih optimal, melakukan pendekatan dengan sosialisasi berkala untuk meningkatkan kesadaran masyarakat/Pengguna Jasa Parkir, pembentukan tim GAKUM (Penegak Hukum) yang bekerja sama dengan kepolisian untuk meningkatkan pengawasan serta meminimalisir pelanggaran, dan pembangunan gedung khusus parkir.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Retribusi Daerah; Penerimaan Retribus Daerah; dan Retribusi Parkir; |
Subjects: | Public Finance > Nontax Revenues Public Administration > Public Administration in Specific Localities |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Rizal Mohamad Sihabudin |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 07:03 |
Last Modified: | 10 Aug 2020 07:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32504 |
Actions (login required)
View Item |