Sholihatunnisa, Leili (2020) Pengaruh penerapan model ICARE berbantuan media Powtoon terhadap kemampuan pemahaman matematis dan Math Anxiety. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (195kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (23kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Dafus.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (a) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan pembelajaran ICARE berbantuan media Powtoon dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (b) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa berdasarkan PAM yang menggunakan pembelajaran ICARE berbantuan media Powtoon dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; c) sikap math anxiety siswa terhadap pembelajaran ICARE berbantuan media Powtoon pada materi SPLDV. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan design Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri 1 Cileunyi dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII J sebagai kelas eksperimen dan VIII K sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes tentang kemampuan pemahaman matematis dan non tes tentang skala sikap math anxiety. Hasil penelitian ini yaitu: (a) peningkatan kemampuan pemahaman siswa yang menggunakan pembelajaran ICARE berbantuan media Powtoon lebih baik dengan rata-rata n-gain 0,59 dibandingkan dengan siswa pada pembelajaran konvensional dengan peroleh rata-rata n-gain 0,36; (b) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa berdasarkan PAM yang memperoleh pembelajaran ICARE berbantuan media Powtoon lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (c) sikap siswa menunukkan sikap positif mengenai math anxiety dan berinterpretasi baik terhadap pembelajaran Powtoon pada materi SPLDV. Pembelajaran dengan model ICARE berbantuan media Powtoon mampu membuat siswa untuk mengkontruksi pengetahuannya secara mandiri, berinteraksi sosial, menemukan pengetahuan baru, serta melakukan refleksi sehingga memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan berinterpretasi baik terhadap math anxiety siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan pemahaman matematis; Pembelajaran ICARE; Powtoon;Math anxiety; |
Subjects: | Applied mathematics Applied mathematics > Statistical Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Leili Sholihatunisa |
Date Deposited: | 14 Aug 2020 04:53 |
Last Modified: | 14 Aug 2020 04:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32579 |
Actions (login required)
View Item |