Rahayu, Suci (2017) Manajemen kinerja guru profesional: Penelitian di MTs Negeri 5 Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (246kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
Abstract
Untuk mengembangkan lembaga pendidikan yang berkualitas, peran guru sangat berpengaruh, hal ini akan karena guru membantu mencerdaskan peserta didik, guru sangat menunjang dalam keberhasilan peserta didik, sedang kinerja guru yang bagus akan menghasilkan lulusan atau output yang mantap, berkualitas sesuai harapan bangsa. Guru yang berkualitas tentu harus memiliki empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadan, kompetensi professional, dan kompetensi sosial. Di MTs negeri 5 Garut melaksanakan program Penilaian Kinerja Guru sehingga perlu diteliti Manajemen Kinerjanya karena akan berdampak dalam pengembangan Sumber Daya Manusianya yakni tenaga pendidk, pada dasarnya guru mempunyai peran utama dalam proses transpormasi ilmu dan internalisasi nilai-nilai serta pembentukan karakter peserta didik. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui latar alamiah MTs Negeri 5 Garut, perencanaan program kinerja guru, pengorganisasian kinerja guru, pengawasan kinerja guru, faktor penunjang dan faktor penghambat, dan hasil dari program kinerja guru. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajemen kinerja guru ialah mengambil teori GR. Terry meliputi perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi, analisis data dilakukan dengan kategorisasi data penafsiran data. Adapun uji absah data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, cek teman sejawat, analisis kasus negatif, kecukupan referensi, uraian rinci dan auditing. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa sebagaimana dalam PP No.19 tahun 2005 guru harus memiliki 4 kompetensi yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial. Begitu halnya dengan MTs Negeri 5 Garut juga menaksanakan empat kompetensi walau didasari berbagai macam kendala dan faktor akan tetapi MTs Negeri 5 Garut berhasil mengembangkan kualitas pendidik melalui program Penilaian Kinerja Guru (PKG). Tujuan dari program tersebut ialah untuk mengembangkan pendidik dan menghasilkan output yang bagus sesuai harapan yang diinginkan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen; kenerja; guru profesional |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ilham Nurfauzi |
Date Deposited: | 27 Aug 2020 06:07 |
Last Modified: | 27 Aug 2020 06:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32826 |
Actions (login required)
View Item |