Habibah, Siti (2020) Evaluasi sosialisasi program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019:Analisis deskriptif tentang kampanye public relations pada humas Dinas Pendidikan Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (861kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA : Program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan program dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang harus dilaksanakan oleh setiap Dinas Pendidikan salah satunya oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung. Kegiatan PPDB dilakukan satu tahun sekali untuk menyeleksi peserta didik yang mendaftar sekolah sesuai dengan jalurnya. Sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) selalu dilakukan setiap tahunnya begitupun pada PPDB 2019, meski sosialisasi sudah dilakukan secara masif, namun tetap saja PPDB 2019 tidak terlepas dari permasalahan. Humas Dinas Pendidikan Kota Bandung sebagai ujung tombak instansi berperan untuk mengatasi permasalahan terkait PPDB ini dengan melakukan evalusi sosialisasi program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 guna mengetahui penyebab munculnya berbagai permasalahan terkait PPDB 2019 yang berpengaruh terhadap PPDB tahun berikutnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kegiatan Humas Dinas Pendidikan Kota Bandung melalui program evaluasi sosialisasi program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 guna memberikan informasi dan pelayanan pendidikan yang bermutu terhadap masyarakat Kota Bandung. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahapan evaluasi Cutlip, Center and Broom meliputi tiga tahapan. Pertama tahap persiapan, kedua tahap pelaksanaan, dan ketiga tahap dampak, konsep ini dipilih karena mampu menguraikan secara menyeluruh proses evaluasi yang dilakukan. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah kontruksivistik dan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif yang menggambarkan fenomena secara narasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukan proses kegiatan evaluasi sosialisasi program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 diawali dengan tahap persiapan melalui pengumpulan data, identifikasi masalah, menentukan tujuan dan sasaran, dan pesan evaluasi, selanjutnya tahap pelaksanaan evaluasi meliputi pihak yang terlibat dalam pelaksanaan evaluasi dan mengevaluasi media yang digunakan sebagai alat sosialisasi PPDB 2019. Terakhir adalah tahap dampak evaluasi sosialisasi PPDB 2019 yang berpengaruh terhadap persiapan sosialisasi PPDB 2020. ENGLISH : Admission of new students is a program from the Ministry of Education and Culture that must be implemented by each Department of Education, one of them is Bandung city education office. Student admission activities are only held once a year to select students who register for school. The socialization of new student admissions is always carried out every year so is 2019, despite the massive socialization, but still the problem cannot be avoided, Bandung City Education Office Public Relations as the spearhead of the agency, role to solve the problem of Admission of new students in 2019 by evaluating the socialization of new student admissions to find out the cause of the problem of new student admissions which affects the planning of new student admissions next year. The purpose of this study was to determine the public relations activities of the Bandung city education office, in the evaluation of the socialization program of new student admissions programs in 2019, to provide quality education information and services to the people of Bandung city. The concept used in this study is the evaluation stages of Cutlip, Center and Broom, covering three stages the first preparation, second implementation, and third impact, this concept was chosen because it can explain the entire evaluation process carried out. The paradigm used in this research is the construction and qualitative approach. The method used is descriptive analysis that describes the phenomenon narratively. Data collection techniques used were observation and interviews. The results showed the evaluation process of the 2019 New Student Admissions program, begins with the preparation phase through data collection, identification of problems, set goals and objectives, and evaluation messages, the next step is the evaluation phase which includes the parties involved and evaluating the media used as a socialization tool for new student admissions in 2019. Last, this is the impact phase of evaluating new student enrollment in 2019 influences preparation for the socialization of new student admissions in 2020.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi; Sosialisasi; Penerimaan Peserta Didik Baru 2019 |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Nonverbal Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Siti Habibah |
Date Deposited: | 16 Sep 2020 07:06 |
Last Modified: | 16 Sep 2020 07:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33326 |
Actions (login required)
View Item |