Barkah, Muhamad Aris Syaiful (2020) Penerapan strategi Wankat-Oreovocz dalam peningkatan kemampuan literasi matematis dan self-regulated learning siswa: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Cikijing. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (587kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (525kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (809kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (976kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematis dan self-regulated learning siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan strategi Wankat-Oreovocz lebih baik dari pembelajaran konvensional; (b) perbedaan peningkatan self-regulated learning siswa; (c) gambaran aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran Wankat-Oreovocz; (d) hambatan dan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematis. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Cikijing kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen dan VIII-G sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasu eksperimen. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran strategi Wankat-Oreovocz lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (b) terdapat perbedaan peningkatan skala sikap self-regulated learning antara siswa yang memperoleh pembelajaran Wankat-Oreovoz dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (c) gambaran aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran strategi Wankat-Oreovocz secara keseluruhan sudah terlaksana dengan baik, berlangsung sesuai dengan tahap-tahap yang tercantum dalam lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa; (d) secara keseluruhan siswa mengalami hambatan dan kesulitan dalam membaca informasi yang didapatkan dari soal, membayangkan ilustrasi gambar, dan mengkonstruk kedalam bentuk gambar telah diminimalisir dengan pembiasaan latihan soal non-rutin.. Dengan demikian, penerapan strategi Wankat-Oreovocz efektif dalam peningkatan kemampuan literasi matematis dan Self-Regulated Learning siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | wankat-oreovocz; literasi matematis; self-regulated learning |
Subjects: | Education, Research Mathematics > Mathematicians |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Muhamad Aris Syaiful Barkah |
Date Deposited: | 28 Sep 2020 05:03 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 05:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33760 |
Actions (login required)
View Item |