Samsudin, Novia Rizkianty (2020) Pengembangan digital worksheet berbasis konsep kartun untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi momentum dan impuls. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (272kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik, karena dengan dimilikinya keterampilan ini diharapkan dapat lebih berperan aktif dalam berbagai permasalahan di masyarakat bukan hanya di sekolah saja. Berdasarkan studi pendahuluan di MAS Ar Rosyidiyah, nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada materi momentum dan impuls tergolong gagal atau rendah. Kemampuan pemecahan masalah tersebut dapat ditingkatkan dengan cara menggunakan digital worksheet berbasis konsep kartun saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari digital worksheet berbasis konsep kartun sebagai salah satu alternatif bahan ajar di kelas dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah penggunaan digital worksheet berbasis konsep kartun. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian Research & Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, angket, soal, lembar validasi para ahli (media, materi, dan guru) dan lembar respon peserta didik. Analisis kualitatif dan kuantitatif dilakukan untuk menganalisis data. Hasil uji validasi diperoleh presentase sebesar 75% dengan kategori layak. Rata-rata hasil N-Gain per indikator masalahnya sebesar 0.68 dengan kategori layak. 87% peserta didik setuju bahwa digital worksheet efektif digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Worksheet; Kemampuan Pemecahan Masalah; Konsep Kartun |
Subjects: | Education, Research Education > Research and Statistical Methods Physics > Measurement of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Novia Rizkianty Samsudin |
Date Deposited: | 05 Oct 2020 04:08 |
Last Modified: | 05 Oct 2020 04:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33837 |
Actions (login required)
View Item |