Rahmawati, Sarah Nur (2020) Pengembangan majalah sains berbasis kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Fluida Statis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (369kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (719kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (964kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran merupakan alat untuk menyampaikan informasi antara guru dan peserta didik, namun belum secara maksimal digunakan. Penelitian sebelumnya menyatakan hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan media pembelajaran berada di bawah standar KKM. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan majalah sains berbasis kooperatif; meningkatkan hasil belajar peserta didik; dan mengetahui tanggapan peserta didik terhadap majalah sains berbasis kooperatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu poor-experiment dengan jenis the one group pre-test – post-test. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengembangan atau research and development (RnD) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi penelitian ini, peserta didik kelas XI MIA 7 di SMA Al-Ma’soem dengan jumlah peserta didik 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan: penilaian kelayakan majalah sains berbasis kooperatif oleh ahli media, ahli materi dan guru fisika menyimpulkan bahwa majalah sains berbasis kooperatif layak digunakan dalam pembelajaran dengan kategori baik, nilai untuk aspek media 42 dari 48 dan aspek materi 37 dari 44; peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik ditandai dengan rata-rata N-gain 0,49 yang terkategori sedang; tanggapan peserta didik terhadap majalah sains berbasis kooperatif terkategori baik dengan nilai 76,34 dari 100.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | majalah sains; TPS; hasil belajar kognitif; fluida statis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Sarah Nur Rahmawati |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 04:35 |
Last Modified: | 05 Nov 2020 04:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34697 |
Actions (login required)
View Item |