Aini, Leni Qurrotul (2020) Pengaruh persepsi dan preferensi terhadap keputusan menabung di Bank Syariah pada dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (641kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (865kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
Abstract
Bank syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah. Salah satu prinsip syariah yang diterapkan oleh perbankan syariah adalah larangan adanya riba dalam berbagai transaksi. Masalah utama yang dihadapi lembaga keungan syariah adalah bagaimana perusahaan menarik pelanggan dan mempertahankannya agar perusahaan dapat bertahan dan berkembang. Penelitian ini dilakukan kepada Dosen Fakultas Syariah & Hukum, yang mana sebagian besar dari dosen tidak bisa terlepas dari produk-produk perbankan, khususnya produk perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui pengaruh Persepsi terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah, 2) Untuk mengetahui pengaruh Preferensi terhadap keputusan Menabung di Bank Syariah, dan 3) Untuk mengetahui pengaruh Persepsi dan Preferensi terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah. Menurut Kotler perilaku konsumen dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain: faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis. Berdasarkan teori tersebutlah variabel persepsi dan preferensi muncul, yang mana kedua variabel tersebut akan dibahas dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, yakni untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara variabel persepsi dan preferensi terhadap keputusan menabung di bank syariah. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 50 responden, teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menyebarkan angket/kuesioner via online (whatssap dan google form) dan hasil jawaban dari responden tersebut lalu di hitung menggunakan program SPSS 20. Hasil penelitian yang di peroleh menunjukkan bahwa: (1) Persepsi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan menabung dapat di lihat dari t hitung sebesar 3,805 > t tabel sebesar 2,011. Besarnya pengaruh persepsi terhadap keputusan menabung sebesar 23,2%, sedangkan sisanya 76,8% dipengaruhi oleh variabel lain. (2) Preferensi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan menabung dapat di lihat dari t hitung 2,817 > t tabel sebesar 2,011. Besarnya pengaruh preferensi terhadap keputusan menabung sebesar 14,2%, sedangkan sisanya 85,8% dipengaruhi oleh variabel lain. (3) persepsi dan prefrensi secara simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan menabung dapat di lihat dari nilai F hitung sebesar 10,799 > F tabel sebesar 3,18. Besarnya pengaruh persepsi dan preferensi terhadap keputusan menabung sebesar 28,6%. Sedangkan sisanya 71,4% di pengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi; Preferensi; Keputusan Menabung di Bank Syariah |
Subjects: | Business |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Bisnis Syariah dan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Leni Qurrotul Aini |
Date Deposited: | 13 Nov 2020 06:09 |
Last Modified: | 13 Nov 2020 06:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34904 |
Actions (login required)
View Item |