Fauziah, Indri Nur (2020) Penerapan pembelajaran Concrete-Representational Abstract (CRA) berbasis Lectora dalam peningkatan kemampuan berpikir intuitif dan Self Persistence matematis siswa : Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (583kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (852kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlu ditingkatkannya kemampuan berpikir intuitif dan self persistence matematis siswa yang didukung berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMP Islam Pacet, Kabupaten Bandung. Salah satu cara untuk membantu meningkatkan kemampuan intuitif dan self persistence yaitu dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Concrete-Representational-Abstract (CRA) dengan berbantuan software Lectora pada pembelajaran Lingkaran di SMP. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) peningkatan kemampuan berpikir intuitif siswa setelah mendapatkan pembelajaran Concrete-Representational-Abstract (CRA); (b) peningkatan kemampuan berpikir intuitif siswa setelah mendapatkan pembelajarak konvensional; (c) perbedaan peningkatan kemampuan intuitif siswa antara siswa yang mendapatkan pembelajaran CRA dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; (d) berbedaan pencapaian kemampuan berpikir intuitif siswa berdasarkan kategori PAM siswa; (e) peningkatan self persistence siswa setelah mendapatkan pembelajaran Concrete-RepresentationalAbstract (CRA). Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Data yang diperoleh menggunakan instumen tes dan nontes (angket). Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) Terdapat peningkatan yang sedang terhadap kemampuan berpikir intuitif siswa setelah mendapatkan pembelajaran ConcreteRepresentational-Abstract (CRA); (b) Terdapat peningkatan yang rendah terhadap kemampuan berpikir intuitif siswa setelah mendapatkan pembelajaran konvensional; (c) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir intuitif siswa yang mendapatkan pembelajaran Concrete-Representational-Abstract (CRA) dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; (d) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir intuitif siswa yang mendapat pembelajaran CRA dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang, rendah) serta tidak terdapat interaksi antara faktor pembelajaran dan tingkat PAM (tinggi, sedang, rendah) siswa; (e) Tidak terdapat perbedaan nilai rata-rata skor angket selft persistence sebelum dan setelah mendapat pembelajaran Concrete-Representational-Abtract (CRA) berbasis Lectora.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Intuitif; Concrete-Representational Abstract (CRA); Lectora; Self Persistence |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics Mathematics > Research Methods of Mathematics Geometry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Indri Nur Fauziah |
Date Deposited: | 01 Dec 2020 01:15 |
Last Modified: | 01 Dec 2020 01:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35371 |
Actions (login required)
View Item |