Triputra, Zaky Fathurahman (2020) Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning untuk meningkatkan hasil belajar PAI: Penelitian pada Kelas XI MIPA 1 Materi Mengimani Kitab-Kitab Allah Swt di SMA Pasundan Banjaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (190kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan di SMA Pasundan Banjaran ada mata pelajaran PAI yang proses pembelajarannya masih menggunakan model pembelajaran yang umum. Peneliti mencoba akan menerapkan model Mastery Learning dalam pembelajaran PAI yang diasumsikan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar PAI, dengan rumusan masalah yaitu, bagaimana proses penerapan model Mastery Learning pada mata pelajaran PAI? Bagaimana hasil belajar setelah menggunakan model Mastery Learning? Bagaimana penerapan model Mastery Learning dalam meningkatkan hasil belajar PAI?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan model pembelajaran Mastery Learning pada mata pelajaran PAI 2) hasil belajar PAI setelah menggunakan model Mastery Learning pada materi Mengimani kitab-kitab Allah Swt. 3) Peningkatan hasil belajar PAI setelah menggunakan model Mastery Learning. Secara teoretis, model pembelajaran dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar. Model Mastery Learning diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI karena model Mastery Learning ini dapat menuntut siswa belajar aktif, kreatif, inovatif dan akan menentukan hasil belajar. Tentunya model Mastery Learning berkaitan dan erat hubungannya terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dan metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan wawancara. Analisis data untuk data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: 1) Proses penerapan model Mastery Learning dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dengan tingkat keterlaksanaan 77.5 % yang termasuk dalam kategori sangat baik karena berada pada rentang interval 76 – 100. 2) Hasil belajar PAI setelah menggunakan model Mastery Learning memiliki nilai rata-rata sebesar 78 termasuk dalam kategori baik karena berada pada rentang interval 70 – 79. 3) Peningkatan hasil belajar siswa pada materi mengimani kitab-kitab Allah Swt. setelah menggunakan model Mastery Learning pada kategori sedang dengan rata-rata N.Gain sebesar 0.47. Berdasarkan hasil uji t, peningkatan hasil belajar siswa pada materi mengimani kitab-kitab Allah Swt. dipandang signifikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Mastery Learning; Hasil Belajar |
Subjects: | Religious Education Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Zaky Fathurahman Triputra |
Date Deposited: | 18 Dec 2020 01:10 |
Last Modified: | 18 Dec 2020 01:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35550 |
Actions (login required)
View Item |