Fajariyah, Durrotun (2020) Penerapan pendekatan saintifik pada materi kesetimbangan kimia berbantuan multimedia SEQ-alfa©. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (247kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (850kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan medeskripsikan aktivitas siswa, menganalisis perkembangan representasi siswa di setiap tahapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbantuan multimedia SEQ-alfa©, dan menganalisis peningkatan kemampuan representasi siswa setelah pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbantuan multimedia SEQ-alfa©. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan tipe one-group pretest post-test design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 24 Bandung dengan jumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan berupa deskripsi pembelajaran, lembar observasi, lembar kerja siswa (LKS), serta perangkat tes kemampuan representasi untuk mengukur peningkatan kemampuan representasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa mencapai 93,30% dengan interpretasi sangat baik. Perkembangan kemampuan representasi siswa pada setiap tahapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbantuan multimedia SEQ-alfa© mendapatkan nilai rata-rata 90,85 dengan interpretasi sangat baik. Nilai rata-rata tertinggi dicapai pada tahap mengamati dengan nilai 96,70 dan interpretasi sangat baik. Nilai rata-rata terendah dicapai pada tahap menanya dengan nilai 83,50 dan interpretasi sangat baik. Kemampuan representasi siswa setelah pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbantuan multimedia SEQ-alfa© mengalami peningkatan dengan nilai N-gain sebesar 0,74 dan interpretasi tinggi. Kelompok prestasi tinggi, sedang, dan rendah berturut-turut mendapatkan nilai N-gain 0,75; 0,77; dan 0,74 dengan interpretasi tinggi. Dengan demikian penerapan pendekatan saintifik pada materi kesetimbangan kimia berbantuan multimedia SEQ-alfa© dapat meningkatkan kemampuan representasi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan saintifik; kesetimbangan kimia; multimedia SEQ-alfa©; kemampuan representasi; |
Subjects: | Education Education > Research and Statistical Methods Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Durrotun Fajariyah |
Date Deposited: | 27 Dec 2020 23:07 |
Last Modified: | 27 Dec 2020 23:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35918 |
Actions (login required)
View Item |