Ahmad, Masyudin (2021) Strategi pembelajaran PAI untuk meningkatkan perilaku beragama: Penelitian deskripsi di SMK Ganesha Cimanggung Sumedang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (599kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (872kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari fenomena pengajaran pendidikan agama Islam masih mengalami kelemahan dalam aspek psikomotorik dan afektif, karena pengajaran pendidikan agama Islam tidak bervariasi kurang ditekankan pembentukan perilaku beragama Islam., sehingga siswa hanya mengerti materi dalam aspek kognitif. Dari fenomena tersebut dibutuhkan strategi guru yang dapat mendorong siswa untuk menemukan sesuatu yang baru (pengetahuan dan keterampilan) melalui pembelajaran secara sendiri bukan kata guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang : (1) Perencanaan strategi guru dalam meningkatkan perilaku beragama siswa pada pembelajaran PAI di SMK Ganesha Cimanggung Sumedang, (2) Pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan perilaku beragama siswa pada pembelajaran PAI di SMK Ganesha Cimanggung Sumedang, (3) Faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam meningkatkan perilaku beragama siswa pada pembelajaran PAI di SMK Ganesha Cimanggung Sumedang, (4) Evaluasi strategi guru dalam meningkatkan perilaku beragama siswa pada pembelajaran PAI di SMK Ganesha Cimanggung Sumedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode Deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan cara menjelaskan atau menganalisis data-data yang diperoleh dari SMK Ganesha Cimanggung Sumedang. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII-A yang berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian ini menujukan bahwa (1) Perencanaan strategi guru di SMK Ganesha Cimanggung Sumedang mengacu pada 3 prinsip yaitu guru menyusun tujuan yang dituangkan kedalam RPP. (2) Pelaksanaan strategi guru menyiapkan pelajaran, guru menyiapkan siswa, guru menjelaskan pelajaran, guru melakukan tanya jawab, guru memberikan contoh atau tauladan, guru menguasai pelajaran, guru menerapkan strategi pembelajaran yang efektif. (3) Faktor pendukung dan penghambat strategi guru pada mata pelajaran PAI untuk meningkatkan perilaku beragama siswa di SMK Ganesha Cimanggung selama pembelajaran memang pada awalnya siswa banyak yang tidak biasa dengan kondisi pandemi ini sehingga model dan metode pembelajaraan akan berbeda, tetapi pada pertemuan kedua dan seterusnya antusias siswa sangat tinggi selama pembelajaran. Sehingga ketika terjadi tanya jawab banyak bermunculan perilaku siswa yang bagus, bahkan materi yang ada dalam buku pelajaran PAI pun sempat diutarakan siswa. Media tersebut antara lain buku-buku, dan Al-Qur’an. (4) Evaluasi strategi guru berupa tes, observasi, penugasan, individu atau kelompok, Dalam bentuknya evaluasi strategi guru dilakukan dengan cara review dalam bentuk esay dan pilihan ganda, remedial dan tugas-tugas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran; PAI; perilaku beragama |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Masyudin Ahmad |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 02:44 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 02:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38096 |
Actions (login required)
View Item |