Salma, Nadiya Fairuza (2020) Hubungan pemasaran pendidikan dengan citra pondok pesantren: Penelitian pada pondok pesantren di kabupaten Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (241kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
Abstract
Pondok pesantren saat ini, dipandang sebagai lembaga pendidikan yang tepat untuk penanaman dan pembentukan nilai moral atau akhlak. Banyaknya pondok pesantren di kabupaten Ciamis, membuat persaingan semakin tinggi. Sehingga sebagian pondok pesantren telah melakukan kegiatan pemasaran sebagai strategi penerimaan santri baru. Namun, jika pemasaran yang dilakukan tidak sesuai dengan realitas yang ada, maka hal tersebut akan mempengaruhi citra pondok pesantren itu sendiri. Maka bagaimana pemasaran pendidikan yang dilakukan mampu membangun citra yang lebih baik? . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pemasaran pendidikan pondok pesantren di kabupaten Ciamis. 2) Citra Pondok Pesantren di Kabupaten Ciamis. 3) Hubungan pemasaran pendidikan dengan citra di kabupaten Ciamis. Pemasaran Pendidikan memiliki indikator pemasaran produk, pemasaran biaya, pemasaran tempat, dan promosi. Adapun indikator citra yaitu penliaian produk, penilaian biaya, penialaian tempat, dan penilaian promosi. Maka berdasarkan asumsi tersebut, Hipotesis dari penelitian ini adalah Ha = Adanya hubungan yang positif antara pemasaran pendidikan dengan citra pondok pesantren Penelitian ini, bersifat deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis korelasi. Teknik pengambilan data yang dilakukan adalah menggunakan angket kuisioner. Kemudian teknik analaisis data dalam penelitian ini adalah uji instrumen (validitas dan reabilitas), uji analisis parsial perindikator, uji prasyarat (uni normalitas dan llineritas), dan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pemasaran pendidikan dengan citra pondok pesantren memiliki korelasi dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Kemudian berdasaran hasil penghitungan analisis koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,383. Terdapat pada tingkat kekuatan yang rendah, karena terdapat pada kategori 0,20 – 0,399. Adapun jenis hubungan variabel pemasaran pendidikan dengan citra pondok pesantren mengarah kepada sifat positif dengan melihat angka pearson correlation yaitu 0,383 dengan tidak memiliki tanda (-) diangka tersebut, sehingga hubungan kedua variabel tersebut searah dan memiliki arti bahwa semakin tinggi pemasaran pendidikan maka semakin tinggi pula citra pondok pesantrennya. Selanjutnya diperoleh koefisiensi determinasi (R square) sebesar 0,147 bermakna bahwa kontribusi variabel pemasaran pendidikan terhadap citra pondok pesantren adalah 14,7%. Kata kunci: Pemasaran Pendidikan, Citra, Pondok Pesantren
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran;Pendidikan;Citra;Pesantren |
Subjects: | General Management > Sales Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Nadiya Fairuza Salma |
Date Deposited: | 07 Apr 2021 02:51 |
Last Modified: | 07 Apr 2021 02:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38595 |
Actions (login required)
View Item |