Dampak sosial dan ekonomi Kampung Gamis terhadap masyarakat : Penelitian di Desa Karamat Mulya Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung

Solehat, Meilana Ayu Tantri (2010) Dampak sosial dan ekonomi Kampung Gamis terhadap masyarakat : Penelitian di Desa Karamat Mulya Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy

Abstract

Kampung Gamis merupakan sentra pembuatan busana gamis yang berada di Desa Karamat Mulya Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung. Banyaknya penduduk yang menjadi pengrajin gamis membuat tempat ini dinobatkan oleh pemerintah daerah sebagai Kampung yang bernama Kampung Gamis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak sosial dan ekonomi keberadaan Kampung Gamis di Desa Karamat Mulya Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung. Selain itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui faktor perubahan sosial ekonomi masyarakat setelah banyaknya home industry di Desa Karamat Mulya. Penelitian tentang dampak sosial dan ekonomi Kampung Gamis ini mencoba menjawab adanya suatu perubahan masyarakat dari mayoritas bermatapencaharian sebagai petani atau buruh tani kini banyak beralih pada sektor home industri gamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mendeskripsikan, menganalisa dan mengungkapkan peristiwa yang terjadi. Sumber data yang yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara secara langsung atau face to face dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya kampung gamis, masyarakat Desa Karamat Mulya mengalami perubahan dari segi sosial dan ekonomi. yang berdampak positif maupun negatif seperti peningkatan pendidikan, pergeseran lahan pertanian menjadi industri, gaya hidup yang berubah dan perubahan interaksi sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sosial; Ekonomi; Masyarakat
Subjects: Social Process
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meilana Ayu Tantri Solehat
Date Deposited: 20 Apr 2021 02:34
Last Modified: 20 Apr 2021 02:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38844

Actions (login required)

View Item View Item