Aryanti, Feti (2021) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan Self Concept siswa : Penelitian kuasi eksperimen. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (810kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (701kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang ditunjukan dari hasil studi pendahuluan peneliti disalah satu Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Pandeglang. Salah satu cara yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) Perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. (b) Self concept siswa dalam proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 2 Pandeglang pada kelas VIII-B dan VIII-D dengan metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes. Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: (a) Rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa (N-Gain) setelah memperoleh pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal adalah 0,52 dan rata-rata N-Gain pada pembelajaran konvensional adalah 0,41. (b) Self concept siswa pada pembelajaran matematika yang menggunakan model kooperatif tipe berkirim salam dan soal sebagian besar siswa memberikan sikap yang positif. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dapat membantu dalam meningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif Tipe Berkirim Salam dan Soal; Berpikir Kreatif Matematis; Self Concept |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Mathematics Mathematics > Research Methods of Mathematics Mathematics > Mathematicians Education and Research of Literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Feti Aryanti |
Date Deposited: | 12 Jul 2021 03:44 |
Last Modified: | 12 Jul 2021 03:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/40185 |
Actions (login required)
View Item |