Febrina, Riana (2021) Efektivitas penerapan pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dalam sistem pembelajaran daring pada materi larutan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab I.pdf Download (331kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu dampak adanya Wabah Covid-19 adalah pemerintah mengharuskan untuk mengeluarkan kebijakan mengenai pembelajaran dilaksanaan di rumah menggunakan sistem pembelajaran daring. Semakin lama pembelajaran ini dilakukan, tampaknya menimbulkan rasa bosan dan kurang terlihat efektivitas pembelajaran. Model pembelajaran merupakan salah satu alternatif untuk memperoleh efektivitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini menganalisis efektivitas penerapan pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dalam sistem pembelajaran daring pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini menggunakan pre-eksperimental desain one shot case study. Subjek penelitian 31 siswa kelas X IPA MA Al-Badriyah Sukabumi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar kerja siswa (LKS) dan test evaluasi. Berdasarkan analisis data, diperoleh persentase tertinggi pelaksanaan POE sebesar 91,4% dengan kriteria sangat baik. Adapun persentase rata-rata aktivitas siswa 97,9% dengan kriteria sangat baik. Selain itu, hasil belajar ditinjau berdasarkan kategori ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional diperoleh nilai rata-rata keseluruhan 80 dengan kategori sedang, sedangkan ditinjau dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah diperoleh 87% siswa telah memenuhi kriteria tuntas (nilai ≥75) dan termasuk kategori sangat baik. Pengujian menggunakan uji-t memperlihatkan nilai signifikansi 0,000<0,05. Berdasarkan hal tersebut, penerapan pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dalam sistem pembelajaran daring pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dikatakan efektif diterapkan dalam sistem pembelajaran daring.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem pembelajaran daring; POE; efektivitas pembelajaran; larutan elektrolit dan non elektrolit |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Riana Febrina |
Date Deposited: | 05 Aug 2021 06:37 |
Last Modified: | 05 Aug 2021 06:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/41267 |
Actions (login required)
View Item |