Alfata, Rizwan (2021) Hubungan antara aktivitas belajar siswa melalui Whatsapp Group dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian terhadap siswa X SMK Bakti Nusantara 666 Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (288kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) | Request a copy |
Abstract
Aktivitas belajar adalah keaktifan atau pekerjaan yang melibatkan fisik, antara lain kegiatan jasmani dan kegiatan psikis, kegiatan fisik adalah kegiatan aktif siswa dan anggota tubuh, sedangkan kegiatan mental adalah kecerdasan siswa yang berperan dalam kegiatan mengajar. Sehingga aktivitas sangat menentukan hasil belajar seseorang. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan melalui wawancara kepada guru Pendidikan Agama Islam di SMK Bakti nusantara 666, aktivitas belajar siswa melalui Whatsapp Group tidak sepenuhnya berjalan lancar dilakukan dikarenakan kurangnya mendapat respon dari siswa. Maka dari itu penulis tertarik untuk meneliti mengenai hubungan antara aktivitas belajar siswa melalui Whatsapp Group dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : 1) Realitas aktivitas belajar siswa melalui Whatsapp Group di kelas X Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK Bakti Nusantara 666. 2) Realitas hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK Bakti Nusantara 666. 3) Hubungan antara aktivitas belajar siswa melalui Whatsapp Group terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK Bakti Nusantara 666. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif-kuantitatif yang terdapat pada jenis penelitian korelasional. Untuk mengumpulkan data penelitian menggunakan angket, tes, wawancara, dan observasi. Setelah itu, untuk analisis data dibagi menjadi dua pendekatan, ialah analisis deskriptif serta analisis korelasi. Hipotesis yang diajukan yaitu terdapat hubungan antara aktivitas belajar siswa melalui Whatsapp Group dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.. Dari hasil analisis dapat disimpulkan: 1) Realitas aktivitas belajar siswa melalui Whatsapp Group termasuk pada interpretasi tinggi, dengan skor rata-rata 3,78, 2) Realitas hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam termasuk pada kategori cukup, dengan skor rata-rata 66, dan 3) Hubungan antara aktivitas belajar siswa melalui Whatsapp Group dengan hasil belajar kognitif mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, memperoleh angka koefisien korelasinya 0,80 termasuk tinggi pada interval koefisien 0,70-0,90. Hasil uji hipotesis menunjukkan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hubungan; Aktivitas Belajar Siswa; Whatsapp Group; Hasil Belajar Kognitif; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education Adult Education > Distance Education Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rizwan alfata |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 06:31 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 06:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/41748 |
Actions (login required)
View Item |