Nurlaela, Ai Anita (2021) Penerapan media edmodo berbasis e-learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem imun. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (424kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (986kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (829kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan, yakni pesatnya e-learning sebagai salah satu media pendukung pembelajaran. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran biologi yaitu 75, sedangkan rata-rata nilai siswa yaitu 65 dengan persentase kelulusan sebesar 60%, sehingga belum memenuhi ketuntasan minimal serta pembelajaran yang telah dilaksanakan kurang melibatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode pre eksperimen dengan one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Adapun instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, tes kemampuan berpikir kreatif, lembar validasi dan angket. Keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa memperoleh persentase sebesar 92,50% untuk aktivitas guru dan 94,54 % untuk aktivitas siswa dengan kriteria sangat baik. Kemampuan berpikir kreatif siswa dengan hasil pretest 80,00 dan posttest 97,14. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Asymp Sig.< Sig. 0,05 adalah 0,002 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang menunjukkan adanya peningkatan antara pretest dengan posttest yang signifikan. Selain itu, rata-rata nilai n-gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi serta respon positif siswa terhadap penggunaan media edmodo sebesar 86,97% dengan kategori sangat baik. Nilai tertinggi rata-rata kemampuan berpikir kreatif yakni 14,36 pada indikator keluwesan (flexibility), dan terendah 8,90 pada indikator keaslian (originality). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media edmodo dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media edmodo; e-learning; kemampuan berpikir kreatif siswa; sistem imun. |
Subjects: | Conscious Mental Process and Intelligence > Imagination, Imagery, Creativity Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ai Anita Nurlaela |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 01:36 |
Last Modified: | 30 Aug 2021 01:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/42283 |
Actions (login required)
View Item |