Mu’min, Wandi Syahrul (2021) Pengaruh pembelajarran daring dengan menggunakan Whatsapp di masa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian pada siswa kelas IX SMPN 46 Bandung. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.
|
Text (Cover)
1_COVER.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (447kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (748kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
Abstract
Dampak dari adanya pandemi covid-19 tentunya berpengaruh ke semua sektor tak terkecuali pada sektor pendidikan semisal harus mengadakan pembelajaran daring. Dalam pembelajaran daring tentunya akan berpengaruh terhadap hasil yang diperoleh semisal prestasi belajar siswa. SMPN 46 Bandung memiliki prestasi kognitif yang baik pada saat sebelum adanya covid-19 karena memang pada saat itu masih melaksanakan pembelajaran secara konvensional, nah hal ini menjadi menarik untuk peneiti ketahui yaitu adakah pengaruh pembelajaran daring dengan menggunakan whatsapp di masa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh pembelajaran daring dengan menggunakan whatsapp pada siswa kelas IX SMPN 46 Bandung. 2). Mengetahui prestasi beajar siswa pada siswa kelas IX SMPN 46 Bandung. 3) Mengetahui adanya pengaruh pembelajaran daring dengan menggunakan whatsapp di masa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar siswa di kelas IX SMPN 46 Bandung. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang berlangsung didalam jaringan dimana pengajar dan yang diajar tidak bertatap muka secara langsung dan media yang digunakan misalnya whatsap. Sedangkan prestasi belajar adalah keberhasilan dalam bentuk capaian hasil belajar sehingga terjad perubahan tingkah laku pada aspek mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan menciptakan. Maka hipotesis dalam penelitian ini adalah semakin tinggi pengaruh penggunaan whatsapp maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa, begitu juga sebaliknya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif metode deskriptif korelatif. Analisis data yang digunakan menggunakan penghitungan statistika. Tenik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, studi dokumentasi, studi pustaka dan wawancara. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IX. Dimana pada pengambilan sampel digunakan 10%-15% dari populasi yang ada , yaitu 340 populasi maka digunakan 30 sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pengaruh pembelajaran daring dengan menggunakan whatsapp berdasarkan perhitungan diperoleh harga (3,58) yakni teridentifikasi pada kategori tinggi; 2) Prestasi kognitif siswa berdasarkan perhitungan diperoleh harga (81,99) teridentifiasi pada baik sekali; 3) Hubungan pengaruh pembelajaran daring dengan menggunakan whatsapp terhadap prestasi belajar siswa melalui pengujian korelasi rank spearman diperoleh harga korelasi (0,188) diasumsikan pada kategori hubungan sangat rendah, kemudian dibandingkan dengan harga
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh; Whatsapp; Prestasi belajar |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Wandi Syahrul Mu'min |
Date Deposited: | 14 Sep 2021 05:12 |
Last Modified: | 14 Sep 2021 05:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/42993 |
Actions (login required)
View Item |