Sahara, Dena Alvi (2021) Pengaruh media pembelajaran Crossword Puzzle terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (422kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya keterampilan berpikir kritis yang harus dimiliki oleh siswa sebagai keterampilan abad 21 dan untuk mendukung kebutuhan dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yaitu dengan menerapkan media pembelajaran yang tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan, menganalisis keterampilan berpikir kritis, dan menganalisis respon siswa terhadap pembelajaran dengan media pembelajaran Crossword Puzzle pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperiment. Sampel yang digunakan adalah dua kelas, yaitu kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan diantaranya lembar observasi, soal tes keterampilan berpikir kritis dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Crossword Puzzle berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan, dengan peningkatan keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 0.43 dengan kategori sedang, sedangkan pada kelas kelas kontrol sebesar 0.22 dengan kategori rendah, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran Crossword Puzzle adalah terlaksana dengan sangat baik. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Crossword Puzzle diperoleh nilai rata-rata 4.16 dengan interpretasi tinggi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan berpikir kritis; media crossword puzzle; pencemaran lingkungan |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Dena Alvi Sahara |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 00:08 |
Last Modified: | 10 Sep 2021 00:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43123 |
Actions (login required)
View Item |