Mutiara, Dayyana Mufti (2021) Penggunaan metafora dalam pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis: Penelitan kuasi eksperimen di Kelas XI MA Wasilatul Huda. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (261kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (839kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah siswa yang masih rendah dalam pembelajaran matematika, sehingga diperlukan alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan (a) untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan metafora, (b) untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan metafora dengan pembelajaran konvensional, dan (c) mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan metafora. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi barisan dan deret dengan desain penelitian yaitu The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil dari penelitian ini yaitu (a) keterlaksanaan aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan metafora selalu meningkat pada setiap pertemuannya, (b) tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang pembelajaranya menggunakan metafora dengan siswa yang pembelajarannya konvensional, dan (c) secara keseluruhan siswa memberikan sikap positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan metafora
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metafora; Pemecahan Masalah Matematis; Barisan; Deret |
Subjects: | Education Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dayyana Mufti Mutiara |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 04:31 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 04:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43473 |
Actions (login required)
View Item |