Yulyanti, Sarah (2021) Penerapan metode Team Game Tournament (TGT) dan metode Make a Match dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI : Peneliltian terhadap siswa kelas XI Tata Busana 1 & XI Tata Busana 2 SMK An-Nur Ibun. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (358kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang bervariasinya guru dalam menggunakan metode pembelajaran PAI sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar kognitif pada siswa. Strategi pembelajaran guru menentukan seberapa berhasil proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, sehingga kemampuan guru mengatasi hal tersebut sangatlah penting. Tujuan dari penelitian ini adalah umtuk mengetahui: 1) Penerapan metode pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa di kelas XI Tata Busana 1 SMK An-Nur Ibun; 2) Penerapan metode pembelajaran Make a Match dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa di kelas XI Tata Busana 2 SMK An-Nur Ibun; 3) Perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif pada siswa yang menggunakan metode Make a Match dengan siswa yang menggunakan metode Team Game Tournament (TGT). Metode Team Game Tournament (TGT) yang dikembangkan oleh Robert Slavin merupakan teknik pembelajaran dengan menggabungkan kelompok belajar dengan kompetensi tim, dan bisa digunakan untuk meningkatkan pembelajaran beragam fakta, konsep dan keterampilan (Widhiastuti & Fachrurrozie, 2014). Metode make a match dikembangkan oleh Lorna Curran, dimana didalam penerapannya memerlukan kerjasama kelompok ataupun pasangan. Pemilihan metode tersebut berperan agar siswa terdorong untuk berpikir aktif, sistematis dan logis sehingga hasil belajar kognitif siswa dapat meningkat. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan penulis adalah pendakatan kuantitatif. Dan metode penelitian ini ialah metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Pretest-Postest, Nonequivalent Multiple-Group Design. Metode pengambilan sampelnya adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu soal pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan metode team game tournament di kelas XI Tata Busanan 1 maupun metode make a match di kelas XI Tata Busana 2 pada pembelajaran PAI, dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Dilihat dari perbandingan hasil pretest dan posttest yang telah dilakukan, siswa yang mendapat nilai kurang dari KKM menurun terutama di kelas XI Tata Busana 1 yang awalnya 6 orang menjadi 2 orang saja. Baik kelas yang memakai metode team game tournament dengan kelas yang memakai metode make a match memiliki perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang signifikan. Kelas eksperimen 1 mengalami peningkatan sebesar 11,5% sedangkan kelas eksperimen 2 meningkat sebesar sebesqar 3%. Ditunjukkan dari uji-t independent sample. Nampak pada df = 28 dan α = 5% nilai thitung (2.422) > ttabel (1,701) dengan Sig.(2- tailed) ilah sebesar 0,022 sehingga hipotesis nol (
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar kognitif siswa; make a match; team game tournament |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sarah Yulyanti |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 00:57 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 00:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43532 |
Actions (login required)
View Item |