Kampanye Public Relations dalam mengedukasi masyarakat tentang vaksin covid-19 : Analisis deskriptif pada Diskominfo Kabupaten Garut

Pertiwi, Euis Hana (2021) Kampanye Public Relations dalam mengedukasi masyarakat tentang vaksin covid-19 : Analisis deskriptif pada Diskominfo Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy

Abstract

Dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten Garut merupakan perangkat daerah yang memiliki tugas sebagai penyelenggara urusan daerah pemerintahan di bidang komunikasi dan informatika untuk daerah Kabupaten Garut. berkaitan dengan tugas tersebut, Diskominfo melakukan program kampanye public relations dalam mengedukasi masyarakat terkait vaksin covid-19, yang pada saat ini tengah menjadi sorotan masyarakat sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kampanye Public Relations yang dilaksankan oleh Diskominfo Kabupaten Garut dalam memberikan edukasi terhadap masyarakat Kabupaten Garut terkait pentingnya melakukan Vaksinasi covid-19 melalui proses mempersiapkan langkah-langkah sebelum melakukan kampanye, pelaksanaan kampanye, dan teakhir evaluasi kampanye. Model yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah Model Kampanye Ostegaard. Model Kampanye Ostegaard merupakan proses pengelolaan kampanye yang memiliki tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari hasil kegiatan kampanye public relations, adapun tahapan yang dilakukan dalam kegiatan Kampanye oleh Diskominfo Kabupaten memiliki tahapan yang sama dengan tahapan dalam model kampanye Ostegaard ini. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan menggunakan pendekatan interpretatif dengan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu proses dari tahapan-tahapan yang dilakukan oleh Diskominfo Kabupaten Garut dalam melaksanakan kampanye public relations. Tahapan pertama yaitu persiapan langkah-langkah sebelum melakukan kampanye yang dikategorikan dengan yang pertama yaitu perencanaan, yang kedua analisis khalayak, yang ketiga strategi komunikasi, dan terakhir yaitu analisis media. Tahap kedua dalam kampanye ini yaitu pelaksanaan kampanye, adapun tahapan ini yang terdiri dari pembentukan tim kerja, dan tindakan perencanaan. Tahap yang terakhir dalam kampanye ini yaitu tahap evaluasi yang dilakukan dengan cara melihat data kuantitatif masyarakat yang telah melakukan vaksin, dan juga dengan melakukan monitoring media sosial untuk melihat feedback khalayak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kampanye Public Relations; Diskominfo Kabupaten Garut; vaksin covid-19
Subjects: Social Process
Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Euis Hana Pertiwi
Date Deposited: 28 Sep 2021 07:45
Last Modified: 28 Sep 2021 07:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43953

Actions (login required)

View Item View Item