Budiono, Aris (2021) Manajemen peningkatan kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (541kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
||
Text (DAFRTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) | Request a copy |
Abstract
Guru bertugas untuk merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran serta melakukan pembimbingan kepada peserta didik. Sehingga dapat di susun dalam rencana pelaksanaan pembelajran, agar memiliki panduan saat proses pembelajaran. sehingga guru juga harus memliki kompetensi pedagogik, yang bisa memahami karakteristik peserta didik, guru juga harus memiliki kompetensi kepribadian, agar dapat menjadi teladan bagi para peserta didik, guru juga harus memiliki kompetensi profesional, yang mampu menguasai bidang studi dalam memberikan pemahan dan pembelajaran kepada peserta didik, dan guru juga mampu memiliki kompetensi sosial, agar dapat membangun komunikasi kepada peserta didik, masyarakat, orang tua dan pimpinan. Tujuan penelitian untuk mengetahui Profil Guru MAN 2 Bandung, perencanaan peningkatan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajran, pelaksanaan peningkatan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajran, pelaksanaan peningkatan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajran, penilaian peningkatan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajran, faktor penghambat dan solusinya manajemen peningkatan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajran, dan hasil manajemen peningkatan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fungi atau peran guru dari Gagne dan Berliner. yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan memakai metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis dilakukan melalui penafsiran deskriptif semata-mata dan uji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, analisis kasus negatif, kecakupan refleksi, urai rinci, dan auditing. Hasil penelitian menunjukan bahwa Madrasah Aliyah Negeri 2 Bandung untuk meningkatkan kemampuan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, madrasah mengadakan workshop & Pendampingan teman sejawat, dalam kegiatan pendampingan teman sejawat, dilakukan pada forum musyawarah guru mata pelajaran, sehingga hasil dari forum tersebut dapat di rencanakan di dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajran dan dapat di aplikasikan pada saat proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Rencana Pelaksanaan Pembelajaran |
Subjects: | General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Aris Budiono |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 03:07 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 03:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/44261 |
Actions (login required)
View Item |