Supenti, Nunung (2019) Penerapan metode bernyanyi untuk meningkatkan kemampuan menghafal Mufrodat siswa pada mata pelajaran bahasa Arab. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djari Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (204kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah adanya permasalahan dalam pembelajaran yaitu kurangnya penerapan metode yang menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan menghafal mufrodat siswa pada mata pelajaran bahasa Arab kelas III di MI Ibrahim Ulul Azmi Cileunyi Kota Bandung . Hal tersebut dikarenakan pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah dan hanya berpusat pada guru saja.hal tersebut berdampak pada siswa menjadi membosankan ketika proses pembelajaran berlangsung Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode bernyanyi pada pembelajaran hafalan mufrodat siswa pada mata pelajaran bahasa Arab kelas III di MI Ibrahim Ulul Azmi Cileunyi Kota Bandung serta kemampuan hafalan mufrodat siswa sesudah menggunakan metode bernyanyi pada mata pelajaran bahasa Arab kelas III di MI Ibrahim Ulul Azmi Bandung Kerangka pemikiran dalam penelitian ini adalah bahwa keberhasilan suatu pembelajaran dapat dilihat dari metode yang digunakan oleh guru. Salah satu metode yang tepat dalam meningkatkan kemampuan menghafal mufrodat siswa yitu metode bernyanyi. Berdasarkan hal tersebut , metode benyanyi diduga dapat meningkatkan kemampuan menghafal mufrodat siswa pada mata pelajaran bahasa Arab kelas III di MI Ibrahim Ulul Azmi Cileunyi Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus yang didalamnya memuat 2 tindakan, setiap siklus memuat empat tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi yang memuat lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, tes lisan,dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Ibrahim Ulul Azmi Cileunyi Kota Bandung yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan Pada pembelajaran bahasa arab dalam realitanya, pembelajaran bahasa arab dari setiap siklusnya mengalami peningkatan . diantaranya yaitu : pada Pra siklus berjumlah 24%, siklus 1 yaitu sebesar 73,65 % dan pada siklus II yaitu sebesar 87%. Sedangkan dalam kegiatan aktivitas siswa pada siklus 1 tindakan 1 berjumlah 34,18% dan siklus 1 tindakan 2 sebesar 40 % dengan rata-rata 37,09%. Kemudian pada siklus 2 tindakan 1 dengan jumlah 70 % , siklus 2 tindakan 2 dengan jumlah 81,48% dengan rata-rata 80%. Dapat dikatakan bahwa ketercapaian metode bernyanyi itu berhasil dalam meningkatkan kemampuan menghafal mufrodat siswa kelas III pada mata pelajaran bahasa arab.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mufrodat; Hafalan |
Subjects: | Elementary Education > Language Skills for Elementary Education Education, Research of Language, Related Topics of Language |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nunung Supenti |
Date Deposited: | 01 Nov 2021 06:44 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 06:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45609 |
Actions (login required)
View Item |