Addakhili, Muhammad Adnan Amrulloh (2021) Kepemimpinan visioner kepala MAN dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan Islam: Penelitian di MAN 1 Kota Bandung dan MAN 2 Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf Download (748kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB2.pdf Restricted to Registered users only Download (757kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB3.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (849kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
Abstract
Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh fenomena daya fikir masyarakat yang semakin maju akan menentukan kehendak mereka untuk mendapatkan pendidikan dari lembaga pendidikan yang bermutu, hal inilah yang akan menjadi tantangan tersendiri bagi para pemimpin lembaga pendidikan Islam. di mana pendidikan Islam selama ini masih sedikit tertinggal dari pendidikan yang berbasis Umum, sehingga satu cara untuk dapat menjawab tantangan tersebut, para pemimpin lembaga pendidikan Islam dapat menjawabnya salah satunya dengan melalui Kepemimpinan Visioner yang mana seorang pemimpin dituntut untuk memiliki pola pandang jauh ke depan, membawa masa depan ke masa kini sehingga sistem manajerial dan pola strategi yang lebih mengedepankan asas kebutuhan masyarakat serta hasil atau skala produktifitas. Dari hal tersebut diharapakan dari usaha tersebut tercipta mutu pada tubuh lembaga pendidikan Islam. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: Bagaimana Kepala Madarsah menrumuskan visi misi dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan Islam ?, Bagaimana Kepala Madarsah mengkomunikaskan visi misi dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan Islam ?, Bagaimana Kepala Madarsah mentransfromasikan visi misi dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan Islam ?, Bagaimana Kepala Madarsah mengimplementasika visi misi dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan Islam ?. Pendekatan penelitian dalam tesis ini menggunakan pendekat kualitatif dengan rancangan studi multisitus. Temuan dan teori dipaparkan dengan menggunakan landasan berfikir fenomenologis, sedangkan sumeber data diperoleh berdasarkan person, place, dan papper, melalui proses pencarian data dan informan dari satu informan berganti ke informan yang lain atas saran informan sebelumnya sesuai yang tujuan dan kerangka penelitian. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan dengan menggunakan teknik reduksi data, dilanjutkan dengan penyajian data, serta penarikan kesimpulan/verivikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik Trianggulasi. Hasil penelitian ini adalah Kepemimpinan Visioner Kepala madrasah dalam merumuskan visi berdasarkan pandangan jauh kedepan, berdasarkan dari latar belakang budaya organisasi, masing-masing lembaga pendidikan Islam, dengan berlandaskan nilai-nilai religius serta dirumuskan dengan cara bersama- sama melibatkan seluruh lapisan mayarakat lembaga pendidikan, sehingga ada kesepakatan terkait dengan rumusan visi yang seperti apa yang diinginkan. Kepemimpinan Visioner kepala madrasah dalam mengkomunikasikan visi misi bertujuan untuk mengkomunikasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam visi misi yang mana dilakukan melalui berbagai macam media, cara dan acara. Dengan tujuan agar diperoleh pemahaman visi misi yang sama sehingga dapat meningkatkan komitmen di antara personel serta menciptakan kesatuan tujuan pada setiap lapisan. Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah dalam mentransfromasikan Visi Misi melalui sharing vision kepada team work dengan dibentuknya struktur organisasi Madrasah, sehingga dapat menumbuhkan konsistensi pada praktik mewujudkan visi berdasarkan tugas pokok dan fungsi. Kepemimpinan Visioner kepala madrasah mengimplementasikan visi melalaui program-program unggulan yang direncanakan secara strategis yang dilakukan oleh kepala madrasah beserta personal madrasah yang tentunya harus sejalan dengan visi misi yang telah dirumuskan. Dengan berperan sebagai penentu arah, sebagai juru bicara, agen perubahan, teladan, serta dapat memberikan motivasi serta bimbingan kepada seluruh anggota di dalam organisasi madrasah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Visioner; Kepala Madrasah; Mutu Penidikan; Lembaga Pendidikan Islam |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Social Process > Leadership Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muhammad Adnan Amrulloh Addakhili |
Date Deposited: | 05 Nov 2021 08:37 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 03:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46038 |
Actions (login required)
View Item |