Faiz, Muhammad Irfan (2021) Pengaruh model Team Games Tournament (TGT) berbantu Quizizz terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf Download (253kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena pentingnya keterampilan yang harus dimiliki siswa tingkat SMA dalam menghadapi tantangan abad 21 salah satunya keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini yaitu semu eksperimen yang memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model TGT berbantu Quizizz terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Metode dalam penelitian yaitu menggunakan desain non-equivalent control group, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling menggunakan dua sampel yakni kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dilaksanakan di MAN 1 Majalengka. Hasil dalam penelitian ini yaitu keterlaksanaan aktivitas guru meningkat sebesar 90% dan keterlaksanaan aktivitas siswa meningkat sebesar 80% setelah menggunakan model TGT berbantu Quizizz pada materi sistem pernapasan. Terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan hasil analisis menggunakan SPSS versi 21 diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tiled) sebesar 0,000 < 0,05 dengan demikian hipotesis diterima terdapat pengaruh model TGT berbantu Quizizz terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Respon siswa terhadap proses pembelajaran model TGT berbantu Quizizz memberikan respon yang positif diperoleh nilai rata-rata pada aspek pembelajaran, isi, tampilan, dan pemograman sebesar 84,21% dengan interpretasi baik. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh dan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang proses pembelajaran menggunakan model Team Games Tournament (TGT) berbasis Quizizz pada materi sistem pernapasan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | team games tournament; quizizz; sistem pernapasan |
Subjects: | Cooperative Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Specific Physiological Systems in Animals > Respiratory System of Animals |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Muhammad Irfan Faiz |
Date Deposited: | 11 Nov 2021 03:20 |
Last Modified: | 11 Nov 2021 03:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46106 |
Actions (login required)
View Item |